TRI ADHITYA BASUKI, . (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN: STUDI PADA AUDITOR DI BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (600kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (348kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel Expected Organizational Reward, Perceived Reciprocal Benefit, dan Perceived enjoyment in helping others yang mempengaruhi Attitude Toward Knowledge Sharing, Intention to Share Knowledge, dan perilaku berbagi pengetahuan yang terdiri dari perilaku Knowledge Collecting dan perilaku Knowledge Donating di portal pengetahuan. Populasi dalam penelitian ini adalah pemeriksa pada Badan Pemeriksa Keuangan dan teknik proportionate stratified random sampling dipergunakan untuk menentukan sampling. Selanjutnya, kuesioner penelitian dibagikan secara online pada bulan Maret 2020 dengan menjawab 28 pertanyaan kepada 1.047 orang pemeriksa. Dari hasil penyebaran kuesioner didapatkan 311 kuesioner dari responden yang dinyatakan lengkap dan dapat dianalisa lebih lanjut. Teknik analisa data menggunakan analisis faktor konfirmatori (CFA), alpha cronbach, dan pengujian model dengan analisa Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi AMOS. Hasil pengolahan data dan analisa terhadap tujuh hipotesis penelitian setidaknya menghasilkan dua temuan signifikan yang menjadi kebaruan (novelty) penelitian. Temuan pertama menunjukkan bahwa variabel Expected Organizational Reward dan Perceived Reciprocal Benefit terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap Attitude Toward Knowledge Sharing, lebih lanjut, variabel Perceived enjoyment in helping others berpengaruh signifikan terhadap Attitude Toward Knowledge Sharing. Hal tersebut menunjukkan bahwa pegawai bersedia berbagi pengetahuan karena mereka senang membantu rekan kerja dengan berbagi pengetahuan yang mereka miliki tanpa mengharapkan imbalan dari organisasi maupun manfaat timbal balik. Lebih lanjut, variabel Attitude Toward Knowledge Sharing terbukti berpengaruh signifikan terhadap Intention to Share Knowledge. Selain itu variabel Intention to Share Knowledge juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku Knowledge Collecting dan perilaku Knowledge Donating. Temuan ini menkonfirmasi Teori Perilaku Terencana yang menunjukkan bahwa niat untuk berperilaku mempengaruhi pelaksanaan sebuah perilaku. Temuan kedua, menunjukkan bahwa perilaku Knowledge Collecting memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku Knowledge Donating. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik mekanisme pengumpulan (collecting) pengetahuan dalam satu organisasi maka akan banyak pengetahuan yang dapat disumbangkan (donating) kepada para pengguna. Dalam rangka peningkatan perilaku berbagi pengetahuan, diperlukan pengembangan lebih lanjut atas sistem informasi portal pengetahuan yang saat ini cenderung menjadi tempat menyimpan pengetahuan menjadi sebuah sistem manajemen pengetahuan yang lebih interaktif. Interaksi dinamis diharapkan terjadi di antara orang-orang yang ingin berbagi pengetahuan dan mencari pengetahuan yang dibutuhkan. Penelitian ini memberikan perspektif baru dalam hal perilaku berbagi pengetahuan di portal pengetahuan yang dapat menjadi diskusi lebih lanjut, bahwa diperlukan dukungan teknologi informasi dan komunikasi yang memadai untuk mewujudkan sinergi antara pegawai dalam hal berbagi pengetahuan sebagai implementasi praktik pembelajaran dan manajemen pengetahuan didalam organisasi. *********** This study examines the factors that include expected organizational reward, Perceived reciprocal benefit, and Perceived enjoyment in helping others that affect attitudes, intentions, and knowledge-sharing behavior consisting of knowledge collecting and knowledge donating in the knowledge portal. The population in this study are auditors at Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. The authors used proportionate stratified random sampling and tested confirmatory factor analysis (CFA), Cronbach’s alpha, and model testing with Structural Equation Model (SEM) analysis with AMOS. Further, an online questionnaire distributed in March 2020 to 1.047 auditors and answered 28 questions, with 311 samples processed. The authors analyzed and had two significant findings. Firstly, expected organizational reward and precieved reciprocal benefit were proven not to be expected from knowledge-sharing activities. Employees are willing to share knowledge without concern about reward and reciprocity; they enjoy sharing knowledge to help their colleagues. Furthermore, Attitude Toward Knowledge Sharing has a significant effect on Intention to Share Knowledge. In addition, Intention to Share Knowledge also has a positive and significant effect on Knowledge Collecting and Knowledge Donating. This finding confirms the Theory of Planned Behavior which shows that the intention to behave affects the implementation of a behavior. Secondly, enhancement in the knowledge collecting process intensifies knowledge donating activities. This finding shows that the better the mechanism for collecting knowledge in an organization, the more knowledge that can be donated to users. Therefore, knowledge portal which tends to be a repository of knowledge, needs further developed into a comprehensive learning management system. Dynamic interaction is expected among people who want to share their knowledge and find the required knowledge. An adequate information and communication technology is crucial to support an e-learning practice in the organization. This study provides another perspective on knowledge-sharing behavior in the knowledge portal as a form of online learning and knowledge management implementation that can be further discussed.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Mahmuddin Yasin, M.B.A ; 2). Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen |
Depositing User: | Users 13405 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2022 00:46 |
Last Modified: | 26 Feb 2022 00:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22661 |
Actions (login required)
View Item |