ANA SOLEHA, . (2022) INFOGRAFIS HAMZAH DALAM PEMBELAJARAN IMLA’ (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (916kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (410kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (454kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan media pembelajaran Infografis Hamzah Dalam Pembelajaran Imla’ di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan model ADDIE yaitu Analisis (Analyze), Design (Perencanaan), Development(Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Peneliti membatasi tahap penelitian ini dengan tahap: 1) Analisis (Analyze) berupa analisis kebutuhan dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta yang telah mengambil mata kuliah Imla’ 2) Perancangan dan Pengembangan Produk ( Design and Development) 3) Evaluasi (Evaluation) dari ahli materi dan ahli media. Hasil peniliaian ahli materi untuk media yang dihasilkan dari penelitian ini memperoleh rata-rata nilai 88، yang termasuk kedalam kategori sangat layak، dan peniliaian ahli media diperoleh rata-rata nilai 96 yang termasuk kedalam kategori sangat layak. Dengan demikian، media pembelajaran infografis hamzah dalam pembelajaran imla’ ini sangat baik dan cocok untuk digunakan sebagai media pembelajaran. This research aims to design and produce hamzah infographic learning media in Imla' learning in Arabic Education Study Program. The method used in this research is the development method with the ADDIE model namely (Analyze, Design, Development Implementation, Evaluation). Researchers limit this stage of research to stages: 1) Analyze in the form of needs analysis from students of the Arabic Language Education Study Program of The State University of Jakarta who have taken Imla' courses, 2) Design and Development, 3) Evaluation from material experts and media experts. The results of the study of material experts for media resulting from this study obtained an average value of 88, which falls into the category of very worthy, and the collection of media experts obtained an average of 96 which falls into the category of very worthy. Thus, the infographic learning media hamzah in imla' learning is very good and suitable for use as a learning medium.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd. 2. Dr. Muhammad Kamal, M.A. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 13664 not found. |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 04:09 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 04:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23219 |
Actions (login required)
View Item |