PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM MEMPERKAYA PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Irgayanti Nabila Putri, . (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM MEMPERKAYA PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (487kB)
[img] Text
4 LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (400kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
10 BAB l.pdf

Download (453kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (762kB)
[img] Text
12 BAB lll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB lV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14 BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Inggris berbasis metode Total Physical Response (TPR). Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dan Dick&Carey yang dikombinasi dan dimodifikasi. Terdapat lima tahapan utama dalam pengembangan modifikasi yang dihasilkan, yakni analysis, design, development, implementation, evaluation (one to one evaluation, small group evaluation, dan field test). Responden yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan ini diantaranya satu dosen ahli materi bahasa Inggris, satu dosen ahli media, satu dosen ahli desain instrusional, guru bahasa Inggris, dan 33 siswa kelas IV SDN Pondok Kelapa 06 Pagi Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar kosakata bahasa Inggris berbasis metode Total Physical Response (TPR) untuk kelas IV sekolah dasar memperoleh penilaian yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dari nilai rata-rata keseluruhan expert review sebesar 98 persen, rata-rata penilaian small group evaluation sebesar 85,7 persen, rata-rata penilaian field test sebesar 82,4 persen, dan peningkatan hasil belajar pada pre-test dan post-test sebesar 11,4 persen. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan sangat baik dan efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Nidya Chandra MU, S.Pd., M.Si 2) Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Dec 2019 10:39
Last Modified: 17 Dec 2019 10:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item View Item