PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS 7 MTS UMDATUR RASIKHIEN JAKARTA)

NURDIAH OKTAVIA, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS 7 MTS UMDATUR RASIKHIEN JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTS UMDATUR RASIKHIEN Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Video terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab bagi siswa kelas 7 MTs Umdatur Rasikhien Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas 7 dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas 7 2 dan 4, yang terdiri dari 19 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berjumlah 20 soal, yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda, dengan teknis analisis data menggunakan Uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Uji-t dilakukan setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Setelah dilakukan Uji Normalitas dengan hasil normal, Uji Homogenitas dengan data yang homogen, dan uji hipotesis dengan Uji-t maka nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,011 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan α= 0,05 dan derajat kebebasan (n-2) = 38 adalah sebesar 1,697. Maka, nilai thitung > ttabel. Dengan demikian hipotesis (H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh penggunaan Video terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab bagi siswa kelas 7 MTs Umdatur Rasikhien ditolak. Sedangkan hipotesis (H1) yang menyatakan ada pengaruh penggunaan Video terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab bagi siswa kelas 7 MTs Umdatur Rasikhien diterima. Maka penggunaan Video pada pengajaran Bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa. Oleh karena itu, pengajaran kosakata Bahasa Arab dengan menggunakan media Video lebih baik dibandingkan dengan menggunaan media pembelajaran konvensional. This research was conducted at MTS UMDATUR RASIKHIEN Jakarta in the even semester of the 2020/2021 academic year, with the aim of knowing how the effect of using video on Arabic vocabulary mastery for 7th graders of MTs Umdatur Rasikhien Jakarta. The method used in this research is the experimental method. The population was all 7th grade students and the sample was all 7th grade 2nd and 4th students, which consisted of 19 experimental class students and 21 control class students. Sampling was done by means of purposive sampling. The instrument used is a final test which consists of 20 questions, consisting of 20 multiple choice questions, with technical data analysis using t-test at a significant level of = 0.05. The t-test was performed after performing normality and homogeneity tests. After the normality test with normal results, homogeneity test with homogeneous data, and hypothesis testing with t-test, the tcount value obtained is 2.011 while the ttable value is at a significant level = 0.05 and degrees of freedom (n-2) = 38 is 1.697. So, the value of tcount > ttable. Thus the hypothesis (H0) which states that there is no effect of using video on Arabic vocabulary mastery for 7th grade students of MTs Umdatur Rasikhien is rejected. While the hypothesis (H1) which states that there is an effect of using video on Arabic vocabulary mastery for 7th grade students of MTs Umdatur Rasikhien is accepted. So the use of video in teaching Arabic can improve students' Arabic vocabulary mastery. Therefore, teaching Arabic vocabulary using video media is better than using conventional learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Chakam Failasuf, M.Pd 2. Drs. Romdani, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 13680 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:40
Last Modified: 28 Jul 2022 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23843

Actions (login required)

View Item View Item