MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT CREATED CASE STUDIES DI KELAS V SDN SETIABUDI 01 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

Jefri Yanu Pratama, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT CREATED CASE STUDIES DI KELAS V SDN SETIABUDI 01 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. Cover Skripsi revisi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
03. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (384kB)
[img] Text
05. LEMBAR MOTTO & PERSEMBAHAN.pdf

Download (409kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
11. BAB I PENDAHULUAN REVISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
12. BAB II acuan teoritik REVISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
13. BAB III metlit REVISI.pdf

Download (507kB)
[img] Text
14. BAB IV PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena penurunan hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS dengan materi Perjuangan Melawan Penjajahan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Created Case Studies Di Kelas V SDN Setiabudi 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Penelitian Tindakan Kelas versi Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah, yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil belajar yang diharapkan harus melebihi Ketuntasan Kriteria Minimal yang ditentukan sebesar 64, dengan target presentase ketuntasan sebesar 90%. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Created Case Studies adalah model diskusi kelompok untuk membuat pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana serta menjawab pertanyaanyang telah dibuat. Pada siklus I siswa tuntas diatas 64 sebesar 66,66% atau sebanyak 14 siswa. Siklus II siswa tuntas diatas 64 sebesar 90,47% atau sebanyak 19 siswa. Terjadi peningkatan hasil belajar di siklus II. Maka, data hasil belajar pada siklus II telah mencapai target dan penelitian dapat dihentikan. Kesimpulannya, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Created Case Studies dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan materi Perjuangan Melawan Penjajahan di kelas V SDN Setiabudi 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ajat Sudrajat MPd 2) Drs. Julius Sagita MPd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Dec 2019 14:37
Last Modified: 19 Dec 2019 14:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item