GAMBARAN STRATEGI GURU MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI PESERTA DIDIK AUTIS KELAS XII DI SMA PERADABAN KOTA SERANG

MARLAN, . (2022) GAMBARAN STRATEGI GURU MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI PESERTA DIDIK AUTIS KELAS XII DI SMA PERADABAN KOTA SERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (810kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (719kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor gambaran strategi guru meningkatkan kepercayaan diri bagi peserta didik dengan autisme di SMA Peradaban Kota Serang dalam bersosialisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan subyek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia, koordinator guru pendamping khusus dan guru pendamping khusus. Penelitian ini berfokus pada langkah-langkah strategi yang dilakukan oleh guru. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa guru melakukan beberapa langkah strategi untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dengan autisme dalam bersosialisas langkah tersebut diantaranya yaitu, guru melakukan asesmen awal untuk mengetahui kebutuhan program pengembangan bagi peserta didik, melakukan perencanaan program untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran, melakukan diskusi kelompok dalam proses pembelajaran, memberikan motivasi agar peserta didik semangat, berani serta percaya diri, melakukan evaluasi ketercapaian program pengembangan. Memberikan kesempatan, melakukan diskusi kelompok dan pemberian motivasi yang dilakukan oleh guru di SMA Peradaban Kota Serang terbukti dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk tampil di depan umum, meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan lingkungan sosial, menambah keberanian untuk berpendapat di depan umum dan menumbuhkan rasa semangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran. -------- This study aims to explore the description of the teacher's strategy to increase selfconfidence for students with autism in SMA Peradaban Serang City in socializing. This study used a qualitative descriptive approach and the subjects in this study were Indonesian language teachers, special assistant teacher coordinators and special assistant teachers. This study focuses on the strategic steps taken by the teacher. Methods of data collection by interview, observation and study of documentation. The technique of data validity is source triangulation and technical triangulation. The data analysis technique used consisted of data reduction, data presentation and drawing conclusions. This study shows that the teacher takes several strategic steps to increase the confidence of students with autism in socializing. These steps include, the teacher conducts an initial assessment to determine the need for a development program for students, carries out program planning to increase self-confidence and social skills, provides opportunities for students to be involved in learning activities, conduct group discussions in the learning process, provide motivation so that students are enthusiastic, brave and confident, evaluate the achievement of development programs. Providing pportunities, conducting group discussions and providing motivation by teachers at the Serang City Civilization High School has been proven to increase self-confidence to appear in public, improve communication skills with the social environment, increase the courage to express opinions in public and foster a sense of enthusiasm in doing things.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hartini Nara, M. Si 2). Suprihatin, M. Ed, Ed. D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14213 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2022 03:02
Last Modified: 12 Mar 2022 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24267

Actions (login required)

View Item View Item