PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN “ACIL (AKU CINTA LINGKUNGAN)” UNTUK MENSTIMULASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

AGHNESIA HAFAZ KIASATINA, . (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN “ACIL (AKU CINTA LINGKUNGAN)” UNTUK MENSTIMULASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media yang dapat digunakan untuk mengenalkan dan menstimulasi karakter peduli lingkungan anak khususnya pada usia 5-6 tahun. Diharapkan dengan menggunakan multimedia ini kepedulian dan kepekaan anak mengenai lingkungan dapat berkembang. Penelitian ini menggunakan metode karya inovatif dengan model pengembangan ADDIE. Terdapat dua tahap analisis yaitu tahap expert review dan tahap uji coba. Subjek dari penelitian ini ialah ahli materi dan ahli media sebagai validator, lima orang anak usia 5-6 tahun, 1 orang guru PAUD dan dua orang tua. Objek penelitian ini ialah multimedia pembelajaran digital yang disebut ACIL (Aku Cinta Lingkungan). Berdasarkan uji validitas ahli materi, multimedia ACIL mendapatkan persentase sebesar 97,9% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan uji validitas ahli media, multimedia ACIL mendapatkan persentase sebesar 90,4% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba pada anak, multimedia ACIL mendapatkan persentase sebesar 80% dengan kriteria sangat layak dan berdasarkan hasil uji coba pada guru dan orang tua, multimedia ACIL mendapatkan persentase sebesar 90,4% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, multimedia pembelajaran “ACIL (Aku Cinta Lingkungan)” sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia 5-6 tahun. This development research aims to produce a media that can be used to introduce and stimulate the character of caring for the environment in children, especially at the age of 5-6 years. It is hoped that by using this multimedia, children's awareness and sensitivity about the environment can develop. This research uses an innovative work method with the ADDIE development model. There are two stages of analysis, namely the expert review stage and the trial stage. The subjects of this study were material experts and media experts as validators, five children aged 5-6 years, one kindergarten teacher and two parents. The object of this research is a digital learning multimedia called ACIL (Aku Cinta Lingkungan). Based on the validity test of material experts, ACIL multimedia got a percentage of 97.9% with very feasible criteria. Based on the validity test of media experts, ACIL multimedia gets a percentage of 90.4% with very decent criteria. Based on the results of trials on children, ACIL multimedia got a percentage of 80% with very feasible criteria and based on the results of trials on teachers and parents, ACIL multimedia got a percentage of 90.4% with very feasible criteria. Based on the research results, the learning multimedia "ACIL (Aku Cinta Lingkungan)" is very feasible to be used as a learning medium for children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin, M.Pd ; 2). Indah Juniasih, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14233 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:55
Last Modified: 16 Mar 2022 03:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24560

Actions (login required)

View Item View Item