PENGEMBANGAN MEDIA BUKU AKTIF (BUKTIF) UNTUK MENSTIMULASI PERILAKU PROSOSIAL KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN

TIKA FIRDAYATI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU AKTIF (BUKTIF) UNTUK MENSTIMULASI PERILAKU PROSOSIAL KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan media Buku Aktif (BUKTIF) untuk menstimulasi perilaku prososial kerjasama anak usia 5-6 tahun, (2) Menstimulasi aspek perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun pada perilaku prososial kerjasama anak, (3) Memberikan pembelajaran yang menyenangkan, menarik, dan pengalaman berbeda pada anak, (4) Mempermudah guru atau orang tua pada proses pembelajaran dalam menstimulasi aspek perkembangan sosial perilaku prososial kerjasama anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan media ini adalah karya inovatif dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Responden pada penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 6 orang anak. Media Buku Aktif (BUKTIF) ini sangat layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli materi 79,16% dan penilaian dari ahli media dengan presentase sebesar 97,5%. Berdasarkan hasil uji coba one to one pada anak usia 5-6 tahun presentase yang didapat sebesar 94% dengan kesimpulan sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, media Buku Aktif (BUKTIF) dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia 5-6 tahun. This study aims to: (1) Develop Active Book Media in stimulating cooperative prosocial behavior of children aged 5-6 years, (2) Stimulate aspects of social development of children aged 5-6 years in cooperative prosocial behavior, (3) Provide fun, compelling, and different learning experiences for children, (4 ) Facilitate teachers or parents in the learning process in encouraging the development of social aspects of cooperative prosocial behavior of children aged 5-6 years. This study employed an innovative work method with The ADDIE development model. The respondents of this study were material experts, media experts, and six children aged 5-6 years. The data were collected by implementing the media for children aged 5-6 years. The findings show that Active Book Media is suitable for use. The material experts assessed it by 79.16% and the media experts by 97.5%. One-to-one trial for children aged 5-6 years resulted in 94%. It was concluded that the Active Book Media is feasible as a learning media for children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd. ; 2). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14230 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:29
Last Modified: 18 Mar 2022 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24838

Actions (login required)

View Item View Item