PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA DI INDONESIA DI KELAS IV SD

NOVI EKARAHMASARI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA DI INDONESIA DI KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (959kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada Abad 21 merupakan fase 4.0 yang dimana pembelajaran lebih mengedepankan informasi dan teknologi. Sehingga Peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline untuk materi Keberagaman suku dan budaya di Indonesia kelas IV SD. Media ini berisikan materi tentang keragaman suku dan budaya di Indonesia kelas IV SD yang sesuai dengan kurikulum 2013. Media ini bersifat digital yang dilengkapi dengan teks materi, gambar, audio, video, animasi, dan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa pada materi tersebut. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Validasi penelitian ini melibatkan ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan menggunakan Kuesioner. Berdasarkan uji coba para ahli multimedia pembelajaran articulate storyline ini mendapatkan nilai yang bervariasi dari setiap ahlinya. Pada tahap uji ahli materi, media yang dikembangkan mendapatkan nilai 93,7% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Baik. Pada tahap uji ahli media, media yang dikembangkan mendapatkan nilai 98% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Baik. Pada tahap terakhir yaitu uji ahli bahasa, media yang dikembangkan mendapatkan nilai 87,5% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Baik. Dari ketiga ahli tersebut jika diakumulasikan mendapatkan rata-rata nilai 92,36 % dan termasuk ke dalam kategori Sangat Baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline sangat layak digunakan sebagai media belajar yang efektif untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. The 21st century is a phase 4.0 where learning prioritizes information and technology. So the researcher developed interactive learning media based on articulate storyline timeline for the material on ethnic and cultural diversity in Indonesia for fourth grade elementary school. This media contains material about ethnic and cultural diversity in Indonesia for fourth grade elementary school in accordance with the 2013 curriculum. This media is digital in nature which is equipped with material text, images, audio, video, animation, and evaluations to measure students' understanding of the material. This research method is a development research method using the ADDIE development model. The validation of this study involved media experts, material experts and linguists using a questionnaire. Based on the trials of the multimedia experts, this articulate storyline learning got various scores from each expert. At the material expert test stage, the developed media got a score of 93,7% and was included in the Very Good category. At the media expert test stage, the developed media got a score of 98% and was included in the Very Good category. In the last stage, namely the linguistics test, the developed media got a score of 87.5% and was included in the Very Good category. Of the three experts, if accumulated, the average value is 92.36% and is included in the Very Good category. It can be concluded that the interactive learning media based on Articulate Storyline is very feasible to be used as an effective learning medium for fourth grade elementary school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, S.Pd, M.Pd. ; 2). Drs. Adi Putra, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14479 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2022 04:05
Last Modified: 18 Jan 2024 05:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24892

Actions (login required)

View Item View Item