PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI SINGKAWANG

RIZQI ALGHOFIQI, . (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI SINGKAWANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri Singkawang. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMPN di kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester I (ganjil) tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei dan pendekatan regresi digunakan untuk mengolah data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung untuk data kemandirian belajar serta gaya kognitif dan dokumentasi untuk data hasil belajar IPS siswa. Adapun untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa akan digunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi ganda dengan menggunakan komputerisasi program SPSS 16.0. Dengan menggunakan SPSS ini maka diperoleh hasil analisis data yang menyatakan terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,765 (R) dengan R Square 0,575 yang dideterminasikan dengan rumus KD = R2 x 100% (KD = 0,575 x 100%) menjadi 57,5%, sedangkan 42,5%nya dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dan dalam penelitian ini didapat tingkat hubungan dinyatakan cukup. Kata Kunci: Kemandirian belajar, Gaya kognitif, Hasil belajar IPS *********** ABSTRACT This study aims to determine the effect of learning independence and cognitive style on social studies learning outcomes for seventh grade students of Singkawang State Junior High School. This research was conducted on seventh grade students of public junior high school in Singkawang city, West Kalimantan. The time of the research was carried out in the odd first semester of the 2021/2022 academic year. This study uses quantitative methods with survey techniques and a regression approach is used to process the data. Data collection techniques used are indirect communication techniques for learning independence data as well as cognitive style and documentation for student social studies learning outcomes data. As for knowing the effect of learning independence and cognitive style on student learning outcomes, simple linear regression formulas and multiple regressions using the computerized program SPSS 16.0 will be used. By using this SPSS, the results of data analysis stated that there was an influence between learning independence and cognitive style on student learning outcomes of 0.765 (R) with R Square of 0.575 which was determined by the formula KD = R2 x 100% (KD = 0.575 x 100%) to 57.5%, while 42.5% was influenced by other factors not discussed in this study. And in this study, the level of influence was found to be sufficient. Keywords: Independent Learning, Cognitive Style, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Prof.Dr Yufiarti, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14493 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2022 04:12
Last Modified: 21 Mar 2022 04:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item View Item