DEA LESTARI, . (2022) PENERAPAN STEAM BERBASIS INSTRUMENT ASSESSMENT HOTS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (477kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (133kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) berbasis instrumen penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada pembelajaran Sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Studi Kasus. Sumber data yang digunakan, yaitu sumber data manusia dan benda. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber. Penerapan STEAM berbasis instumen penilaian HOTS merupakan upaya untuk mengintegrasikan STEAM menjadi satu dengan pembelajaran sejarah. HOTS dalam pembelajaran sejarah ada yang dikenal dengan keterampilan berpikir historis, didefinisikan sebagai proses ilmiah dalam belajar sejarah. Kemudian STEAM mengaitkan science, technology, engineering, art, and mathematic, sehingga peserta didik diberikan pemahaman holistik keterkaitan bidang ilmu melalui pengalaman belajar abad 21. Pada materi Manusia pra-Aksara mengandung unsur STEAM, misalnya Mathematic, peserta didik dapat menghitung tahun dari zaman neolithikum-megalithikum berapa tahun. Sehingga peserta didik mengetahui hitungan tahun yang terjadi pada masa pra-Aksara. Hasilnya menunjukkan bahwa STEAM berbasis instrument penilaian HOTS telah diterapkan dalam pembelajaran sejarah, meskipun belum adanya pemahaman yang mendasar dari guru sejarah mengenai STEAM. Namun, secara tidak sadar jika guru sejarah telah menerapkan STEAM pada pembelaharan sejarah Kesimpulannya STEAM merupakan salah satu konsep penting yang harus dikuasai oleh guru sejarah untuk mengintegrasikan materi sejarah dengan ilmu lainnya, kemudian dapat menjadikan peserta didik memiliki tingkat berpikir dan analisis yang tinggi dalam proses pembelajaran. Adanya penerapan STEAM pada pembelajaran, maka mempermudah peserta didik untuk mengerjakan instrumen penilaian HOTS.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. DR. NURZENGKY IBRAHIM, M. M. 2. DR. CORRY IRIANI ROCHALINA, M. PD. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIS > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 14531 not found. |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 02:19 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 02:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25383 |
Actions (login required)
View Item |