EFEKTIVITAS TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA ANAK TUNGGAL SISWA SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA

LINA MARINA, . (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA ANAK TUNGGAL SISWA SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (170kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (301kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (312kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (606kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
16. Lampiran 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
17. Lampiran 2.pdf

Download (58kB)
[img] Text
18. Lampiran 3.pdf

Download (209kB)
[img] Text
19. Lampiran 4.pdf

Download (164kB)
[img] Text
20. Lampiran 5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
21. Lampiran 6.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play terhadap kemampuan komunikasi antarpribadi pada anak tunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa anak tunggal SMA Diponegoro 1 Jakarta berjumlah 38 siswa dan sampel yang berjumlah 20 siswa yang diambil menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs. Hasil penelitian menunjukan sebelum memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play komunikasi antarpribadi siswa termasuk dalam dalam kriteria rendah, dan setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play kriteria komunikasi antarpribadi menjadi tinggi. Hasil uji wilcoxon match pairs menunjukan T (0) dan 5% sehinggat < yang berarti diterima dan ditolak. Hal tersebut menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play efektif untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Wirda Hanim, M.Psi. 2) Dr. Sofia Hartati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Jan 2020 16:00
Last Modified: 27 Jan 2020 14:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item