FEMIANITA SARDI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN DI KELURAHAN JATI JAKARTA TIMUR (Studi Eksperimen di SDN Jati 05 Pagi, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.jpg Download (907kB) |
||
|
Image
2. LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (744kB) | Preview |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (398kB) |
||
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (132kB) |
||
Text
5. LEMBAR MOTTO.pdf Download (238kB) |
||
Text
10. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (212kB) |
||
Text
7. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (207kB) |
||
Text
6. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (200kB) |
||
Text
8. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (257kB) |
||
Text
9. LEMBAR DAFTAR GAMBAR.pdf Download (193kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Download (226kB) |
||
Text
11. BAB I.pdf Download (374kB) |
||
Text
12. BAB II.pdf Download (534kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Download (430kB) |
||
Text
13. BAB III.pdf Download (690kB) |
||
Text
19. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (3MB) |
||
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
||
Text
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (206kB) |
||
Text
17. DAFTAR TABEL.pdf Download (250kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap percaya diri dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN di Kelurahan Jati Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Jati 05 Pagi Jakarta Timur sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi = 0,05 dengan hasil thitung (2,070) > ttabel (2,013) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap percaya diri dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN di Kelurahan Jati Jakarta Timur. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan percaya diri dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN di Kelurahan Jati Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang suasana dan gaya belajar yang bervariasi agar dapat mengembangkan percaya diri dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN di Kelurahan Jati, Jakarta Timur. This experiment was intended to find the effect of cooperative learning models STAD type on the self confident in learning science of thirth grade students’ of Jati village East of Jakarta Public Primary School. The sample of this research was 50 students at the Jati 05 Pagi East of Jakarta Public Primary School. The technique of getting the sample was cluster random sampling. The method used is an experiment method by Posttest-only control group design. Data were collected throught observation and analyzed using ttest at significance level = 0,05 by t-testresult 2,070 > ttabel 2,013 so H0 rejected and H1 accepted, this concluded that there is a significant influence on the application of cooperative learning STAD type for the self confident in learning science of thirth grade students’ of Jati village East of Jakarta Public Primary School. These result indicate that the use of cooperative learning models STAD type can be used as part of effort to develop a self confident in learning science of thirth grade students’ of Jati village East of Jakarta Public Primary School. Therefore, teachers need to know the capabilities and needs of each student so that they can design the atmosphere and the variety of learning styles to develop a self confident in learning science of thirth grade students’ of Jati village East of Jakarta Public Primary School.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. A.R Supriatna, M.Pd. 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 04:03 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 04:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25883 |
Actions (login required)
View Item |