PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRANSPORTATION MONOPOLY (TRAMO) BERBASIS DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS V SD

FITRIA AYUNDA, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRANSPORTATION MONOPOLY (TRAMO) BERBASIS DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (0B)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (50kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (153kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (513kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (645kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
14. DAFTAR TABEL.pdf

Download (246kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (98kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
16. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media permainan bahasa inggris berbasis direct method. Fokus pengembangan media permainan ini yaitu pada materi transportasi. Pengembangan media permainan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Peneliti menggunakan Sembilan langkah dari sepuluh langkah pengembangan Borg dan Gall. Adapun teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dari kedua ahli media sebesar 100% yang berarti Sangat Baik, ahli bidang studi sebesar 97% yang berarti Sangat Baik, pendidik atau guru bahasa ingggris sebesar 100% yang berarti juga Sangat Baik. Adapun data yang diperoleh dari peserta didik pada evaluasi satu-satu yaitu Sangat Baik, pada evaluasi kelompok kecil yaitu Sangat Baik, dan pada uji coba lapangan yaitu Sangat Baik. Terdapat peningkatan rata-rata hasil uji coba media permainan ini dari 94,75% menjadi 98%. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan ini sudah layak dan sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V Sekolah Dasar. The purpose of this research and development is to produce an English game media based on Direct Method. This research and development focus on Transportation unit. Development model is used in this research and development is Borg and Gall model. Researcher uses nine of ten steps of Borg and Gall model. The datas were collected by interview, observation, and questionnaire. Both of the media expert evaluates 100% which means very good, the subject experts evaluates 97% which means very good and the English teacher evaluates 100% for this product which also means very good. Researcher finds very good data and feedback from one-to-one evaluation, small group evaluation, and field test. Field test results show that there is an improvement of the average in this game media’s Score from 94,75% to 98%. Thus, this English game media is very good to be used in the fifth grade of elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Si. 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:16
Last Modified: 07 Apr 2022 01:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25945

Actions (login required)

View Item View Item