ANALISIS KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN TANPA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK

ANNISA MUSLIMAH, . (2019) ANALISIS KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN TANPA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (324kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (224kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (322kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (569kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis berbantuan video pembelajaran dan tanpa video pembelajaran pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 44 Jakarta. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan uji tgain. Nilai t-gain yang didapat dari penelitian ini sebesar 2,360. Rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen 1 diperoleh 35,028 sedangkan pada kelas eksperimen 2 sebesar 35,833. Setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan video pembelajaran pada kelas eksperimen 1 diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 78,417, sedangkan pada kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis tanpa video pembelajaran diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 73,750. Rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 1 sebesar 0,667 dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 0,597. Uji effect size yang didapat dari penelitian ini dengan menggunakan rumus Cohen’s d sebesar 0,369. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan model pembelajaran Means Ends Analysis berbantuan video pembelajaran dengan tanpa video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Anggara Budi Susila, M.Si ; 2). Cecep E. Rustana, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:38
Last Modified: 07 Apr 2022 04:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26022

Actions (login required)

View Item View Item