PEMANFAATAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN HASIL PRODUK UP2K (RISET AKSI PARTISIPASI DI KELURAHAN LUBANG BUAYA, JAKARTA TIMUR)

TITO HUDA PANGESTU, . (2022) PEMANFAATAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN HASIL PRODUK UP2K (RISET AKSI PARTISIPASI DI KELURAHAN LUBANG BUAYA, JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pelatihan dan penggunaann e-commerce sebagai wadah memasarkan produk yang dihasilkan oleh anggota UP2K Kelurahan Lubang Buaya. Masih banyak anggota UP2K yang kurang maksimal dalam memasarkan produk dan belum memanfaatkan teknologi e-commerce. Pelatihan ini memberikan pengetahuan tentang definisi e-commerce dan tatacara pengelolaan akun e-commerce serta transaksi khususnya dari portal Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah membelajarkan mitra dan pengurus UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) yang beranggotakan sebanyak 23 anggota dalam memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan pemasaran produk hasil olahan dari UP2K di Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menerapkan metode Paticipatory Action Research (PAR). Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan hasil pelatihan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang ketua UP2K, dan 2 anggota UP2K sebagai informan dalam triangulasi data, serta 23 anggota sebagai peserta pelatihan. Data hasil penelitian menunjukkan hambatan dalam penggunaan e-commerce, teratasi setelah adanya pelatihan. Ditemukan adanya perbedaan penjualan setelah dan sebelum menggunakan e-commerce dalam menjual produk anggota UP2K. Juga adanya perubahan perilaku berjualan para anggota, yang awalnya tradisional menjadi lebih modern dengan masuk ke dunia e-commerce. Kata Kunci: UP2K, Pemasaran, E-Commerce, Model PAR. This research focuses on training and using e-commerce as a forum to market products produced by UP2K members of Lubang Buaya Village. In the implementation of product marketing, there are still many members who are less than optimal in marketing products and have not utilized e-commerce technology. This training contains knowledge of the definition of e-commerce and e-commerce account management procedures and transactions, especially from the Shopee portal. This research aims to align 23 UP2K (Family Income Improvement Effort) partners and administrators in utilizing e-commerce to improve the marketing of UP2K products. This study uses a qualitative approach by applying the Participatory Action Research (PAR) method. The collecting data by observations, interviews, documentation and, training. The subjects of this study were 1 UP2K chairman, and 2 UP2K members as informants in triangulation data, 23 members as trainees. The research results show their barriers use of e-commerce, their difference in sales after and before using e-commerce as a container to sell UP2K member products after train. There was also a change in members' selling behavior, which was originally traditional to become more modern by entering the world of e-commerce. Keywords : UP2K, Marketing, E-Commerce, PAR Model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elais Retnowati, M.Si. 2). Karta Sasmita, M.Si. Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14574 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:49
Last Modified: 11 Apr 2022 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26189

Actions (login required)

View Item View Item