LARASATI PUTRI HAPSARI, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SALINGTEMAS TENTANG PEMBENTUKAN TANAH UNTUK KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (14kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (538kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (557kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (178kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB V-1.pdf Download (150kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (384kB) |
|
Text
10. BAB III-1.pdf Download (244kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (9MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP-1.pdf Download (96kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA berbasis Salingtemas untuk kelas V SD pada materi pembentukan tanah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg dan Gall. Pengembangan ini dilakukan melalui sembilan langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, dan (9) penyempurnaan produk akhir. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik evaluasi formatif melalui tiga tahap uji coba yaitu uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, dan uji pelaksanaan lapangan. Hasil penelitian modul IPA berbasis Salingtemas kelas V SD materi pembentukan tanah yang telah dikembangkan dinilai sangat baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata menurut ahli dengan persentase 95,85%, uji coba lapangan dengan presentase 94,70%, dan uji pelaksanaan lapangan dengan presentase 95,63%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul IPA berbasis Salingtemas untuk kelas V SD materi pembentukan tanah yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar penunjang dalam kegiatan pembelajaran. This research and development aims to produced sciences module based on Science Technology Society (STS) for elementary school 5th grade approach of ground establishment. The method used is Research and Development (R&D) with Borg and Gall development model. This development is done through 9 steps, (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operasional product revision, (8) operasional field testing, (9) final product revision. The evaluation techniques used are formative evaluation through three steps preliminary, preliminary field testing, main field testing, and operasional field testing. The result of sciences module based on Science Technology Society (STS) for elementary school 5th grade approach of ground establishment that has been developed is concidered very good, it is seen from the average value 95,85% from expert, 94,70% from main field testing, and 95,63% from operasional field testing. The result showed that the sciences module based on Science Technology Society (STS) for elementary school 5th grade approach of ground establishment that has been developed can be used as one of supporting teaching materials in learning activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. AR. Supriatna, M.Pd. 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 03:28 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 03:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26277 |
Actions (login required)
View Item |