MILA ROZA, . (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI MEDIA CETAK TIMBUL DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA SISWA KELAS IV SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (152kB) |
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (86kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (338kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (323kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (104kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
|
Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (310kB) |
|
Text
Lampiran 1-5.pdf Download (379kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (189kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING .pdf Download (338kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Meningkatkan Kreativitas Menggambar Melalui Media Cetak Timbul dalam Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 09 Pagi kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 41 orang Siswa. Pembelajaran Seni Rupa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya dan Kerajinan (SBK) berlangsung pada semester I, tahun ajaran 2016-2017 dengan menggunakan media Cetak Timbul, banyaknya siklus ada dua, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh saat proses pembelajaran melalui media Cetak Timbul , pada siklus I kreativitas menggambar siswa mencapai skor rata-rata 63,41% dan pada siklus II kreativitas menggambar siswa mencapai rata-rata 90%. Hasil instrumen pemantau tindakan pada siklus I yaitu 63% sedangkan pada siklus II mencapai 92%. Dengan demikian melalui media Cetak Timbul dapat meningkatkan Kreativitas Menggambar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah Kreativitas menggambar siswa yang diperoleh semakin tinggi jika pembelajaran dilakukan dengan menerapkan media Cetak Timbul mampu menimbulkan kekreatifan dan keseriusan serta daya tangkap yang baik sehingga aspek membuat karya gambar cetak timbul tercapai. The purpose of this study was to determine how to Enhance Creativity arises Drawing Through Print Media in Learning Arts for fourth Graders of SDN 09 Pagi Rawamangun, East Jakarta. This research was conducted in SDN Rawamangun 09 Pagi, Pulo Gadung. The subjects in this study were fourth graders of primary school that consisted of 41 pupils. Art learning in Arts and Crafts (SBK) took place in the first semester,school academic year of 2016- 2017 using the Print media Arise. The reserach was done in two cycles. The result of the reserach showed that the data obtained during the learning process through print media arises. In the first cycle, the students’ creativity on drawing achieved an average score of 63.41% while in the second cycle, students’ creativity on drawing reached 90%. The result of the action monitoring instruments in the first cycle achieved 63% while in the second cycle was 92%. Based on the reserach result, the writer concludes that Print media method is able to improve students' drawing creativity. The implication of this study is students' drawing creativity gets better if the learning method is done by applying Embossed Print media which is capable to create creativity and seriousness as well as a good grasp of so that the aspect of making embossed image project is reached.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Olga D Pandeirot, M.Pd. 2). Dr. M S Sumantri, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 01:53 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 01:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26522 |
Actions (login required)
View Item |