MOHAMAD WAHYUDI, . (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASISPENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYAUNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
7. SKRIPSI FINISH.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (94kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (66kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (48kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (70kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf Download (130kB) |
|
Text
9. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (84kB) |
|
Text
10. Lampiran 1 - 7 Instrumen Penilaian Expert.pdf Download (177kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produkberupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan fokus sebagai mediapenunjang motivasi pembelaran siswa supaya lebih aktif dan mandiri, khususnya pada kegiatan praktikum IPA di kelas V Sekolah Dasar. Dari datahasil ujicoba analisis kebutuhan pada tahapan pengumpulan informasi awal melalui wawancara pada responden siswa dan guru mendapat kesimpulanbahwa LKS/LKPD yang digunakan disekolah tersebut masih kurangbaik. Adapun hasil analisis kebutuhan dengan responden guru menunjukkanbahwa keberlangsungan kegiatan pembelajaran IPA masih memiliki kendaladibidang media, guru membutuhkan inovasi baru dalamperangkat pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar IPA, oleh karena itu pembuatan LKPD dapat menjadi salahsatu solusi bagi masalah tersebut. Dari responden siswa, pada uji cobalapangan Small Group, diperoleh hasil sangat baik dengan persentase87%dan pada uji coba lapangan Field Test diperoleh hasil sangat baik denganpersentase 89%. Dari responden guru, diperoleh hasil sangat baik denganpersentase 94%. Ini menunjukkan bahwa produk Lembar Kerja Pesetadidikmemberikan dampak yang signifikan terhadap motivasi dan keaktifanbelajar siswa untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Research and development is intended to produce products suchasWorksheet Students with focus as the media supporting learning motivationof students to be more active and independent, especially in the sciencelabactivities in fifth grade elementary school. From the data analysis of thetest results in the need for early stages of gathering information throughinterviews in respondents students and teachers to the conclusion that theWorksheet used to the school is still not good. The results of the analysisof the needs of the respondent teachers indicated that the continuity of learningscience still has obstacles in the field of media, teachers need anewinnovation in the learning device that can attract the attention of studentstobe more motivated to learn science, therefore making of Worksheet canbeone solution to the problem the. Of those students, the field trials Small Groupobtained excellent results with a percentage of 87% and in field trialsFieldTest obtained excellent results with a percentage of 89%. Of those teachers, obtained excellent results with a percentage of 94%. This indicates that theproduct Worksheet Peseta students provide a significant impact on students' motivation and activeness for Elementary School fifth grade students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yetty Auiaty, M.Pd. 2). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:10 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26536 |
Actions (login required)
View Item |