RISTIANA EKA SYAH FITRI, . (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia melalui Pendekatan Saintifik di Kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI-1.pdf Download (62kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (18kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (19kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN(1).pdf Download (71kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (136kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (256kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) |
|
Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (47kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (27kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (847kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (2MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (8kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan Saintifik di kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN Pasar Manggis 01 Pagi yang berjumlah 33 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas model spiral/siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pengamatan tindakan, catatan lapangan, dan dokumentasi yang diambil pada saat pembelajaran IPS berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari aktivitas guru pada siklus I mencapai 81,67% dan pada aktivitas siswa mencapai 77,50%. Data pemantau aktivitas guru dan siswa terjadi peningkatan, yaitu 95,00% pada aktivitas guru dan 90,00% pada aktivitas siswa. Adapun presentase siswa yang mencapai KKM pembelajaran IPS sebesar ≥ 63 pada siklus I hanya mencapai 57,57% belum mencapai target peneliti yaitu sebesar 85% dari jumlah siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 90,91%, karena telah tercapainya target peneliti maka penelitian dihentikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Saintifik yang diterapkan pada pembelajaran IPS materi mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dapat menjadi salah satu upaya peningkatan hasil belajar siswa. This research intended to improve the learning achievement of the material prepearing Indonesian’s independence trough a scientific approach in grade 5 SDN Pasar Manggis 01 Pagi South Jakarta. The Subjects of this research is grade V a SDN Pasar Manggis 01 Pagi amounting to 33 students. Research used a method of classroom action research spiral model/cycyle of Kemmis and Mc. Taggart. This Research was conducted during two cycles and each cyle through three phases namely planning, action and observation, and reflection. Techniques of data retrieval through observation, field notes action and documentation taken at the time of . The study result showed the data obtened from teacher activity in cycle I teached 81,67 % and than in studied 77,50 %. Teacher and student activity monitoring data is increasing, that is 95,00% to teacher activity and 90,00 % student activity. The presentation studied KKM IPS up to ≥ 63 on the I cycle just reach 57,57% has not reached the target researchers 85 % over all studeid. In cycle II there is an increase in student learning outcomes of 90,91%,because it has reached the target of the reseacher then the research stopped at cycle II. Research results show that approach Scientific which is applied to IPS learning materials preparing Indonesia’s independence can be one of the ways to improve student learning achievement.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Dewi Hartanti M.A. 2). Dr. Ajat Sudrajat, S.Pd, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 06:09 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 06:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27247 |
Actions (login required)
View Item |