ROSALINDA, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW SISWA KELAS V SDN RAWAMANGUN 01 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (147kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (320kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (734kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1.pdf Download (201kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (145kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (10kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (102kB) |
|
Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (143kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui Metode Cooperative Learning Type Jigsaw Siswa Kelas V SDN Rawamangun 01 Pagi Jakarta Timur dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 34 orang pada semester I tahun pelajaran 2016-2017. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggar, serta dilaksanakan dalam 2 Siklus dengan materi keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta tahap refleksi alat pengumpulan yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa tindakan pada tiap siklus menggunakan Metode Cooperative Learning Type Jigsaw menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa siklus I 61.76 % sedangkan pada siklus II 88.23 %. Berdasarkan temuan hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa Metode Cooperative Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V D SDN Rawamangun 01 Pagi Jakarta Timur. This study aims to improve learning outcomes IPS through Cooperative Learning Method Jigsaw Type Student five grade SDN Rawamangun 01 Pagi Jakarta Timur with research subjects five grade numbering 34 people in the first semester of the school year 2016-2017. The research model used is a grade Action Research with models developed by Kemmis and Mc.Taggar, which is organized in two cycles with the material and cultural diversity of tribes in Indonesia. Each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection stages of gathering tool used is the test, observation, field notes and documentation. The study found that the action of each cycle using Cooperative Learning Method Jigsaw Type indicates improving student learning outcomes cycle I 61.76% and 88.23% in the second cycle. Based on the findings of this classroom action research can be concluded that the Cooperative Learning Method Jigsaw Type can improve learning outcomes for Social Sciences students of five grade D SDN Rawamangun 01 Pagi East Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ajat Sudrajat, S.Pd, M.Pd. 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 12:36 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 12:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27282 |
Actions (login required)
View Item |