STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK TUNADAKSA KELAS D1-II SLB D YPAC JAKARTA SELATAN

SATRYO WONG SONE GORO, . (2017) STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK TUNADAKSA KELAS D1-II SLB D YPAC JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK_Satryo Wong Sone Goro.pdf

Download (96kB)
[img] Text
ABSTRACT_Satryo Wong Sone Goro.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_Satryo Wong Sone Goro.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Satryo Wong Sone Goro.pdf

Download (0B)
[img] Text
COVER.pdf

Download (374kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_Satryo Wong Sone Goro.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN_Satryo Wong Sone Goro.pdf

Download (93kB)
[img] Text
SKRIPSI (BAB I-V)_Satryo Wong Sone Goro.pdf

Download (511kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN_Satryo Wong Sone Goro.pdf

Download (3MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR_Satryo Wong Sone Goro.pdf

Download (97kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN_Satryo Wong Sone Goro.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran membaca permulaan pada siswa tunadaksa di kelas D1-II SLB D-D1 YPAC Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik obervasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dilakukan analisis pada tiap-tiap teknik tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan di sekolah adalah kurikulum 2013 yang dimodifikasi sesuai kebutuhan siswa. Perencanaan pembelajaran membaca permulaan yang dibuat berupa RPP dan SKH yang dalam pelaksanaannya guru menggunakan metode pembelajaran konvensional yang dikombinasi satu sama lain. Dalam membuka pembelajaran guru melakukan apersepsi berupa nyanyian atau tanya-jawab seputar pembelajaran kemarin atau dengan hafalan rangkuman pembelajaran kemarin. Dalam pembelajaran guru juga menggunakan media pembelajaran yang dibuatnya sendiri agar sesuai dengan kebutuhan siswa. Pembelajaran ditutup dengan rangkuman materi berupa poin-poin sesuai materi pembelajaran pada tema yang dibahas. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan saat pembelajaran berlangsung berupa praktek, setelah pembelajaran selesai yang berupa penugasan, dan evaluasi lanjutan yang berupa hafalan membaca di rumah. The purpose of this study is to knowing early reading instructional for student with physically and motoric handicapped at D-II grade D-II SLB D-D1 YPAC Jakarta. This study used the descriptive method with the qualitative approach. The procedure of the data gaining was conducted by observation technique, interview, and documentation that then was conducted the analysis on each technique. The result of this study shows that curriculum which used by the school is 2013 curriculum that modified as student needs. The early reading instructional planning made as RPP and SKH and conducted by the teacher using the conventional method that combined on each other. In the instructional beginning teacher conducts some activities like singing and faqs about the material before. In the instructional teacher also used instructional media so that it could be according with the student needs. The instructional was closed by material summary like some points of the instructional theme. The instructional evaluation that was conducted is practice, assignment after instructional,and sustainable evaluation that is a memorizing reading at home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Irah Kasirah, M.Pd. 2). Riana Bagaskorowati, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 00:59
Last Modified: 21 Apr 2022 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27297

Actions (login required)

View Item View Item