MEANINGFUL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA UNJ

SYIFA CYNTHIA, . (2017) MEANINGFUL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PERESETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PANITIA SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN KARYA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Scan-Saran Sidang Skripsi 1.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang meaningful learning dalam pembelajaran mata kuliah teori belajar dan pembelajaran pada mahasiswa UNJ. Metode yang digunakan adalah survei dengan jenis penelitian deksriptif. Responden yang menjadi sampel penelitian sebanyak 9 kelas atau 330 mahasiswa adalah mahasiswa program studi kependidikan universitas negeri jakarta yang mengikuti mata kuliah teori belajar dan pembelajaran pada semester 105, diambil dengan menggunakan teknik probability random sampling dengan cara cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner meaningful learning berdasarkan konsep yang dikemukakan David P. Ausubel dengan empat skala likert. Analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan 72,12% responden berada pada kategori sedang, 15,45% responden berada pada kategori rendah, dan 12,42% berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan mahasiswa masih belum konsisten menerapkan meaningful learning. Oleh sebab itu, responden diharapkan mampu untuk menerapkan meaningful learning dalam setiap pembelajarannya secara konsisten. This research aims to get a description of the meaningful learning course study Teori Belajar dan Pembelajaran in UNJ students. The method used is survey with type of descriptive research. The research samples are 9 classes or 330 students Education Program of the State University of Jakarta which join course study Teori Belajar dan Pembelajaran in the 105th period, taken by using probability random sampling technique cluster sampling. Data collection using questionnaire meaningful learning based on the concept presented David P. Ausubel with four Likert scales. The data analysis used is descriptive statistic. The results showed that overall 72.12% of respondents are in the medium category, 15.45% of respondents are in the low category, and 12.42% are in the high category. This shows that the learning process by students is still not consistent in applying meaningful learning. Therefore, respondents are expected to be able to implement meaningful learning in every learning consistently.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. 2). Drs. Djunaedi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 00:47
Last Modified: 22 Apr 2022 00:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27482

Actions (login required)

View Item View Item