STRATEGI PEMBELAJARAN KOMPUTER BICARA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN KELAS IX SMP DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL) (Studi Deskriptif di Kelas IX SMP SLB A Pembina Tingkat Nasional)

TARUP ERWIN, . (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN KOMPUTER BICARA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN KELAS IX SMP DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL) (Studi Deskriptif di Kelas IX SMP SLB A Pembina Tingkat Nasional). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA SKRIPSI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
1. cover proposal penelitian.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II REVISI 4.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I REVISI 4.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Bab IV REVISI SETELAH SHP.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB III REVISI SETELAH SHP.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB V REVISI SETELAH SHP.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DOSEN tarup.pdf

Download (61kB)

Abstract

Penelitian studi deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi strategi pembelajaran komputer bicara bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP, guru mata pelajaran komputer, dan kepala sekolah SLB A Pembina Tingkat Nasional dengan total responden sebanyak 6 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis menggunakan refleksi analisis, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran komputer bicara bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan di SLB A Pembina Tingkat Nasional membutuhkan evaluasi dalam pelaksanaannya dikarenakan konten pembelajaran kurang disesuaikan dengan kebutuhan siswa tersebut. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan asesmen sebelum merencanakan kegiatan pembelajaran agar berjalan efektif, efesien, dan sesuai dengan kebutuhan dasar siswa. This research of descriptive qualitative purpose for finding information about learning strategies of computer with screen reader for student with visual impairment. Respondent in this research are Student in 9th grade Junior High School, computer teacher, and Head Master of SLB A Pembina Tingkat Nasional with totally respondent are 6 people. This research using descriptive method with qualitative approach. Data collection is using observation that are will be analysis used analytic reflective, interview, and documentation study. The result of this research showed that learning strategies of orientation and mobility for student with visual impairment in SLB A Pembina Tingkat Nasional need evaluation from the implementation because content for the lesson is less of suitable with student needed. Therefore, teacher need to using assessment before planning the activity lesson to be an effective, efficient, and appropriate with student needed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Budi Santoso, M.Pd. 2). Marja, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 04:09
Last Modified: 22 Apr 2022 04:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27530

Actions (login required)

View Item View Item