PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS V SDN TRIDAYA SAKTI 04 TAMBUN SELATAN BEKASI

ALDINA SYAFITRI SIREGAR, . (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS V SDN TRIDAYA SAKTI 04 TAMBUN SELATAN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (168kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (187kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (597kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf

Download (929kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas V di SDN Tridaya Sakti 04 Tambun Selatan Bekasi yang berjumlah 31 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan Kemmis & Mc Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik lembar pengamatan, catatan lapangan, dokumentasi dan evaluasi. Analisis data dilakukan dengan merefleksi tindakan-tindakan yang telah dilakukan pada satu siklus. Pada siklus I, siswa yang mendapat skor ≥75 hanya 70,96% dan pada siklus II, siswa yang mendapat skor ≥75 mencapai 87,09%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Tridaya Sakti 04 Tambun Selatan Bekasi. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dengan pendekatan komunikatif untuk dapat mengembangkan keterampilan menulis puisi siswa. This research aims to improve the skill of writing poem using the communicative approach in the grade V of SDN Tridaya Sakti 04 South Tambun Bekasi who has 31 students. The method used in this research is class room action research, the model proposes by Kemmis & Mc Taggart. Data was collected through observation, field notes, documentation and evaluation. Data analysis was performed by reflecting on the activities that have been performed on one cycle. In the first cycle, student who got score ≥75 was 70.96% while in the second cycle, students who got score ≥75 reached 87.09%. The result indicate that the use of communicative approach in teaching Indonesian can enhance student‘s skill to write a poem of the class V of SDN Tridaya Sakti 04 South Tambun Bekasi. Therefore, teachers need to know the capabilities and the needs of the student so they can design the various activities using communicative approach to develop student’s skill to write poem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 03:48
Last Modified: 11 May 2022 03:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27928

Actions (login required)

View Item View Item