PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MULTIMEDIA CLUB (M2C) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 2 JAKARTA

REGINA ARZICA PRANATA, . (2015) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MULTIMEDIA CLUB (M2C) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2.2 lembar pernyataan.pdf

Download (450kB)
[img] Text
2.1 lembar pengesahan.pdf

Download (199kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR + ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
7. BAB III-ref.pdf

Download (456kB)
[img] Text
8. BAB IV-ref.pdf

Download (590kB)
[img] Text
9. BAB V-ref.pdf

Download (91kB)
[img] Text
5. BAB I-ref.pdf

Download (257kB)
[img] Text
6. BAB II-ref.pdf

Download (362kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA-ref.pdf

Download (140kB)
[img] Text
27. TENTANG PENULIS-ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran komposisi foto digital kelas XI Miltimedia SMK Negeri 2 Jakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel 20 siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 2 Jakarta yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler multimedia club. Data tentang keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club pada penelitian ini diambil dengan instrumen angket tertutup, sedangkan untuk data prestasi belajar diambil dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu dengan nilai rapor siswa. Hasil dari pengujian hipotesis pada pengujian pertama menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club terhadap prestasi belajar siswa ranah pengetahuan dalam mata pelajaran komposisi foto digital dengan korelasi product moment menghasilkan rhitung sebesar 0,570 dengan rtabel pada tabel signifikansi 5% sebesar 0,44 sehingga harga rhitung > rtabel. Dibuktikan pula dengan persamaan regresi Y’ = 61,55 + 0,213X, menunjukan bahwa penerapan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club bertambah satu, maka prestasi belajar siswa ranah pengetahuan dalam mata pelajaran komposisi foto digital bertambah 0,213 Nilai koefisien determinasi sebesar 32,47 yang berarti sumbangan pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club terhadap prestasi belajar siswa ranah pengetahuan dalam mata pelajaran komposisi foto digital adalah sebesar 32,47%, sedangkan 67,53% ditentukan oleh faktor lain. Sedangkan pada pengujian kedua menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club terhadap prestasi belajar siswa ranah keterampilan dalam mata pelajaran komposisi foto digital dengan korelasi product moment menghasilkan rhitung sebesar 0,571 dengan rtabel pada tabel signifikansi 5% sebesar 0,44 sehingga harga rhitung > rtabel. Dibuktikan pula dengan persamaan regresi Y’ = 67,48 + 0,136X. Nilai koefisien determinasi sebesar 32,55 yang berarti sumbangan pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Multimedia Club terhadap prestasi belajar siswa ranah keterampilan dalam mata pelajaran komposisi foto digital adalah sebesar 32,55%, sedangkan 67,45% ditentukan oleh faktor lain. *The research aims to find out the effect of students activeness in Multimedia Club extracurricular activities on achievement Digital Photo Composition Subjects in class XI Multimedia SMK Negeri 2 Jakarta year 2014/2015.The research is a quantitative research by taking a sample of 20 students of class XI Miltimedia SMK 2 Jakarta that follows the Multimedia Club extracurricular activities.Data on active students activeness in Multimedia Club extracurricular activities in this study were taken with a closed questionnaire instrument, while achievement data taken by using documentation method. Results of testing hypotheses on the first test showed that there is a positive and significant effect between students activeness in Multimedia Club extracurricular activities on student achievement realm of knowledge of Digital Photo Composition Subjects with product moment correlation produce rhitung of 0.570 with the value of rtable at the 5% significance table of 0.44, so that rhitung > rtable.. Evidenced also by the regression equation Y '= 61.55 + 0,213X, indicates that the application students activeness in Multimedia Club extracurricular activities increased by one, then student achievement realm of knowledge of Digital Photo Composition Subjects increased 0.213. Coefficient of determination of 32,475 that means donations students activeness in Multimedia Club extracurricular activities on student achievement realm of knowledge of Digital Photo Composition Subjects is 32.47%, while 67.53% is determined by other factors. While, the Results of testing hypotheses on the second test showed that there is a positive and significant effect between students activeness in Multimedia Club extracurricular activities on student achievement realm of skills of Digital Photo Composition Subjects with product moment correlation produce rhitung of 0.571 with the value of rtable at the 5% significance table of 0.44, so that rhitung > rtable.. Evidenced also by the regression equation Y '= 67,48 + 0,136X, indicates that the application students activeness in Multimedia Club extracurricular activities increased by one, then student achievement realm of knowledge of Digital Photo Composition Subjects increased 0.136. Coefficient of determination of 32,55 that means donations students activeness in Multimedia Club extracurricular activities on student achievement realm of skills of Digital Photo Composition Subjects is 32.55 %, while 67.53% is determined by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. k. Ivan Hanafi, M.Pd ; 2). Prasetyo Wibowo Y, S.T,M.Eng
Subjects: Sains > Matematika > Software, Sistem Informasi Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 05:12
Last Modified: 11 May 2022 05:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27963

Actions (login required)

View Item View Item