RIANA EKA DANTY, . (2017) LEVEL KOGNITIF TUGAS MEMBACA DALAM SCAFFOLDING: BUKU BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (470kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (422kB) |
|
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (334kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (249kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) |
|
Text
6I. KATA PENFGANTAR.pdf Download (253kB) |
|
Text
11. CHAPTER IV.pdf Download (301kB) |
|
Text
12. CHAPTER V.pdf Download (281kB) |
|
Text
8. CHAPTER I.pdf Download (306kB) |
|
Text
10. CHAPTER III.pdf Download (397kB) |
|
Text
9. CHAPTER II.pdf Download (672kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (111kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (164kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (159kB) |
Abstract
Tugas yang tersedia di buku cetak merupakan elemen yang berperan penting dalam mengembangkan pola berpikir kritis pada siswa. Oleh sebab itu, analisa atas tugas yang tersedia di buku cetak terbilang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi level kognitif dan pembagiannya pada tugas membaca dalam Scaffolding: Buku Bahasa Inggris untuk Siswa Sekola Menengah Pertama Kelas VIII. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat berfikir dominan yang digunakan dalam buku ini. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret hingga Juli 2017 di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan konten analisis sebaga metode penelitian. Alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa table ceklis yang dikembangkan dari Bloom’s Revised Taxonomy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat level kognitif yang teridentifikasi dalam tugas membaca buku Scaffolding; mengingat, memahami, menggunakan, menganalisa. Dari total 75 tugas, 20 tugas merupakan tugas mengingat, 32 tugas merupakan tugas memahami, 20 tugas merupakan tugas menggunakan, dan 3 tugas merupakan tugas menganalisa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berfikir yang dominan dalam buku ini adalah tingkat berfikir yang lebih rendah atau Lower-order Thinking (LOT). Tasks provided in textbook are crucial elements in developing students’ critical thinking. Therefore, an analysis of tasks provided in textbook is considered important. This study aimed to identify the cognitive levels in reading tasks of Scaffolding: An English Textbook for Junior High School Students Grade VIII and how they are distributed. This study also aimed to identify the dominant level of thinking employed in reading tasks of Scaffolding: An English Textbook for Junior High School Students Grade VIII. This study was conducted from March to July 2017 in Universitas Negeri Jakarta. This study is a qualitative research with content analysis as the method of the study. The instrument of the study is a table of checklist adapted from Bloom’s Revised Taxonomy. The result of the study reveals that there are four cognitive levels identified in reading tasks of Scaffolding; remember, understand, apply, analyze. From total 75 reading tasks, remember obtains 20 tasks, understand obtains 32 tasks, apply obtain 20 tasks, and analyze obtain 3 tasks. From the result, it can be concluded that the dominant level of thinking implemented in the reading tasks of Scaffolding is the Lower-order Thinking (LOT).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Nina Waanda Cassandra, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 06:16 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 06:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28214 |
Actions (login required)
View Item |