PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Survei pada Mahasiswa yang Telah Mengikuti Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran di Kampus Universitas Negeri Jakarta)

FILIPITA BINATIN, . (2015) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Survei pada Mahasiswa yang Telah Mengikuti Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran di Kampus Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (48kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran tentang pendidikan inklusif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran di kampus Universitas Negeri Jakarta semester 102 sebanyak 95 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan teknik survei. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner tertutup. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 51,6% mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran telah mempunyai persepsi yang benar tentang pendidikan inklusif dan 48,4% mahasiswa salah persepsi. Kesalahan persepsi mahasiswa tersebut adalah pada dimensi organisasi dan dimensi penafsiran. Mahasiswa belum memahami secara mendalam akan pendidikan inklusif. Oleh sebab itu, Universitas sebagai LPTK hendaklah memasukkan satu mata kuliah khusus tentang pendidikan inklusif, dengan tujuan mahasiswa yang mengambil program studi kependidikan mengerti dan memahami tentang pendidikan inklusif. *This study aims to determine the perceptions of students who attended the Learning Theory subject on inclusive education. The sample in this study are students who attend the Learning Theory courses at the State University of Jakarta, with 95 students as the samples. Sampling using purposive sampling technique. The method used is quantitative method, with survey techniques. Data collected by using closed questionnaire. Results from this study showed that 51,6% of students who attending Learning Theory and Learning class already had a good perception about inclusive education and 48,4% other misinterpret it. The students misperception is in the organizational dimension and the dimention of interpretation. Students still not fully understand about inclusive education. Therefore, the University as LPTK should provide a particular lesson about inclusive education, with the goal of students who taking education lesson to know and understand about inclusive education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprihatin, M.Ed ; 2). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 06:04
Last Modified: 25 May 2022 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28690

Actions (login required)

View Item View Item