PENGARUH PERMAINAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI DISIPLIN PADA SISWA-SISWI KELAS VI DI SD JATIASIH IV BEKASI

ANDI PUTRA WICAKSONO, . (2016) PENGARUH PERMAINAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI DISIPLIN PADA SISWA-SISWI KELAS VI DI SD JATIASIH IV BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I new.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II new.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB III New.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Cover skripsi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA New.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR ISI new.pdf

Download (288kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh permainan dalam menumbuhkan nilai-nilai disiplin pada siswa-siswi kelas VI di SD Jatiasih IV Kota Bekasi. Penelitian ini dilakukan pada 17 Mei 2016 – 27 Mei 2016, adapun tempat penelitian ini dilaksanakan di Lapangan olahraga SD Jatiasih IV yang beralamat di JL.Raya Jatiasih RT005/04 Kelurahan Jatiasih, Kota Bekasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pre-test dan post-test group yaitu untuk mengetahui pengaruh variable bebas permainan terhadap variable terikat disiplin siswa kelas VI SD Jatiasih IV Kota Bekasi. Penelitian diawali dengan tes awal untuk mengetahui sejauh mana tingkat kedisiplinan siswa-siswi kelas VI di SD Jatiasih IV Kota Bekasi, kemudian diberikan perlakuan penerapan permainan dalam enam kali pertemuan dan dilakukan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana sikap kedisiplinan siswa kelas VI SD Jatiasih IV Kota Bekasi setelah diberikan permainan. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket dan Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik Statistik uji-t. Hasil penelitian menyatakan bahwa permainan berpengaruh dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa kelas VI SD Jatiasih IV Kota bekasi. Hal ini terbukti dari hasil analisis data tes awal dan tes akhir kedisiplinan siswa dianalisis dengan menggunakan Uji t. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 11,4. Selanjutnya diuji dengan ttabel pada taraf kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan n-1 = 25 – 1 = 24, diperoleh nilai ttable sebesar 2,064, dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 11,4 > 2,064. Dengan terbukti nilai thitung > nilai ttabel dapat dinyatakan bahwa permainan kelompok berpengaruh dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa kelas VI SD Jatiasih IV Kota Bekasi. This study aims to determine the extent of influence in the group game against cultivating the values of discipline on the student of class VI in SD Jatiasih IV, Bekasi City. This study was conducted on 17 May 2016 - May 27 2016, while a study was conducted in the field of SD Jatiasih IV, Jalan Raya Jatiasih RT 005/04 Kelurahan Jatiasih, Bekasi City. The method used in this research is a method of pre-experimental research design using pre-test and post-test group is to determine the influence of independent variables on the dependent variable group game discipline students of class VI in SD Jatiasih IV, Bekasi City. The study begins with the initial tests to determine the discipline level of the students class VI In SD Jatiasih IV, Bekasi City, then given treatment application of group games in six sessions and conducted a final test to determine the extent of discipline students level of SD Jatiasih IV Bekasi after a given game. In this study, data collection using research instruments such as questionnaires and analysis techniques in this study using the technique t�test statistics. The study states that the effect on the group game in cultivating of the values discipline on the students class VI in SD Jatiasih IV, Bekasi City. This is evident from the results of the data analysis of the initial test and final test exercise saturation were analyzed using t-test. From the analysis of the data obtained tcount of 11.4. Further tested with ttable confidence level α = 0.05 and a degree of freedom n-1 = 25-1 = 24, obtained TTable value of 2.064, thus the value t count> t table or 11.4> 2.064. With proven tcoun t> ttable value can be stated that games affect the cultivating of the values discipline on the students class VI in SD Jatiasih IV, Bekasi City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sudradjat Wiradihadja, M.Pd 2) Dr. Sri Nuraini, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 May 2022 02:00
Last Modified: 22 May 2022 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28809

Actions (login required)

View Item View Item