PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELEMPAR MELALUI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KADUGEDE

DIPA PRAYUDHA HUTAMA, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELEMPAR MELALUI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KADUGEDE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (816kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan sidang skripsi.pdf

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (6MB)
[img] Text
RINGKASAN, ABSTRACT, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar melalui modifikasi media pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kadugede. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Kadugede yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode action research, yaitu dengan memberikan tindakan khusus kepada subjek untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar melempar dengan menggunakan dua tangan melalui modifikasi media pembelajaran. Adapun bentuk gerak dasar melempar yang dinilai adalah : melempar ke depan, ke atas, dan ke bawah. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh kesimpulan yaitu : melalui metode penelitan action research dengan melalui modifikasi media pembelajaran menggunakan bola karet, dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar melempar pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kadugede. Penelitian dilakukan dengan melalui satu siklus tindakan penelitian. Hal ini terlihat, dari tingkat kelulusan subjek pada tes awal berjumlah 7 siswa atau presentase 21,2 %, sedangkan 26 siswa atau presentase 78,8 % belum dapat mencapai nilai kelulusan, kemudian setelah diberikan tindakan selama dua pertemuan pada satu siklus semua siswa memperoleh hasil yang signifikan dengan memperoleh tingkat kelulusan pada tes akhir berjumlah 33 siswa atau presentase 100%. This study is aimed to increase the students’ base gesture throw abilities through learning media modification on Students of 5th Grade of Kadugede 1 Elementary School. The subject of this study were 21 males and 12 females students of Kadugede 1 Elementary School Grade 5th . The study was applying the action research methods, by giving some special measures to the subject in order to increase the learning output in learning the base throw gestures by using both of students’ hands through learning media modification. The base throw (throwing test) gestures which will be assessted by the teacher includes: throw forward, throw a up, and throw a down. The results of this study revealed the action research methods through the learning media modification using rubber ball help the students to increase their base throw gestures learning output on the 5 th grade of Kadugede 1 Elementary School. This study was done by a cycle of action research. It can be seen from the subject passed level on the first test in about 7 students (21,2 %), meanwhile 26 students (78,8 %) still not yet reach the passed level. After giving the measures in two meetings on one cycle action research all the students get the significant results by passed the last level test 33 students (100 %) in total.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Eka Fitri Novita Sari, M.Pd 2) Drs. Mustafa Masyhur, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Jun 2022 05:39
Last Modified: 11 Jun 2022 05:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30041

Actions (login required)

View Item View Item