UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PUNGGUNG KAKI SEPAK BOLA MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA SDN PULOGADUNG 03 JAKARTA TIMUR

MUHAMMAD KAMANDA, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PUNGGUNG KAKI SEPAK BOLA MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA SDN PULOGADUNG 03 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
1. REVISI Cover.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I .R.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II .R.pdf

Download (675kB)
[img] Text
2. Ringkasan, Kata Pengantar n Daftar Isi.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BIODATA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB III .R.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV R (Autosaved).pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB V .R.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (5kB)
[img] Text
JURNAL M.KAMANDA.pdf

Download (552kB)
[img] Text
Lampiran 1 dan seterusnya R.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keberhasilan dribbling punggung kaki pada sepak bola melalui metode bermain. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) dengan pengambilan data kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang pendidikan jasmani sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan diawali dengan kegiatan observasi awal. Penelitian ini dilaksanakan bersamaan dengan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan I memberikan hasil setelah mengikuti melaksanakan pembelajaran dribbling bola dengan menggunakan pendekatan metode bermain, maka diperoleh hasil penilaian sebagai berikut: nilai terendah 62,50, nilai tertinggi 93,75, dan nilai rata-rata 73,88. Dengan kesimpulan sebagai berikut: 1) siswa masih belum paham tentang konsep dribbling pungggung kaki. 2) siswa belum mampu melaksanakan setiap tahapan menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki dengan baik. 3) siswa belum dapat melakukan gerak perkenaan dengan bola dikarenakan saat menggiring bola tidak tepat perkenaan dengan punggung kaki dan posisi berlari terlalu jauh dari keberadaan bola. Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa paham akan konsep dribbling menggunakan punggung kai. 2) siswa dapat melakukan tahapan dribbling menggunakan punggung kaki. 3) motivasi dan keberanian siswa meningkat saat mengikuti pembelajaran. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dribbling bola dengan punggung kaki melalui pendekatan bermain pada siklus II, maka diperoleh hasil penilaian sebagai berikut: Nilai terendah 61,54, nilai tertinggi 100, dan nilai rata-rata 80,50. Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan pada hasil belajar dribbling punggung kaki dalam sepakbola siswa kelas VI-D SDN 03 Pulogadung Jakarta Timur, tes awal nilai rata-rata siswa 64,59, siklus I nilai rata-rata siswa 73,88 dan siklus II nilai rata-rata siswa 83,71. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa tes awal siswa dinyatakan tuntas sejumlah 7 siswa (25%), siklus I siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 siswa (53,57%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 28 siswa (100%). The study aims to increase the success of the dribbling back foot on the soccer ball ehroungh the method of play. This research was conducted in SDN 03 PULOGADUNG EAST JAKARTA. The reaserch method used is action research method class (class room action research ) with the retrieval of qualitative. The implementation of this action research involves experts in the field of physical educations as a collaborator. Research done two cycles, namely cycles I and cylcles II and begins whit preliminary observations. This research was conducted in conjuctions with the learning of physical educations in school. The activities of the cycles are realiazed throught the actions I give the results after following the carrying out of lraning dribbling the ball by using play method the obtained result of the assessment as follows: the lowest value of the 62,50, the highest value 93,75 and the value of the average 73,88. With the conclusion as follows : 1) student are still do not understand about the concept of dribbling backs feet. 2) student have not been able to carry out every stage led the ball with using the foot well.3) student can not do motion touch with the feet and the position of ran too far fram the existence of the ball. The cycles II is relized throught actions II delier result as follows : 1) student understand the concept of dribbling using the feet . 2) student can do stages dribbling using the feet. 3) motivation and courage student increased as follow learning . after carry out the learning proses dribbling the ball with the back of the feet trough the play on cycle II, then obtained by the ratings as follow : the value of the lowest 61,54 the value of the average-balnned 80,50. The result of this study shows the existence of an in the study dribbling back a foot in football students of class VI-D SDN 03 PULOGADUNG EAST JAKARTA , the test the beginning of the value of the average-blended student 64,59, cycle I value of the average-blaned student 73,88 and cycle II value of the average-blaned student 83,71. For gardutions the student test result learnd the beginning of the student test result learnd the beginning of the student was completely a number of student (25%), cycle I student who was completely a number of is student (53,57%), and cycle student in completrly a number of 28 student (109%)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Del Asri, S.Si 2) Muchtar Hendra Hasibuan, S.Pd, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Jun 2022 20:07
Last Modified: 11 Jun 2022 20:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30089

Actions (login required)

View Item View Item