RICHY HILZAWAN, . (2017) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KESELURUHAN DAN BAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI SISWA SMAN 4 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
abstrack.pdf Download (266kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (165kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (487kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (416kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (226kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (42kB) |
|
Text
Curriculum Vitae.pdf Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (343kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (118kB) |
|
Text
Lampiran 1 dan 2.pdf Download (209kB) |
|
Text
Lampiran 3 dan 4.pdf Download (315kB) |
|
Text
Surat Bebas Judul.pdf Download (520kB) |
|
Text
Lembar Persembahan.pdf Download (253kB) |
|
Text
pernyataan orisinalitas.pdf Download (360kB) |
|
Text
Surat Balasan Sekolah.pdf Download (481kB) |
|
Text
Surat Validitas.pdf Download (344kB) |
|
Text
Surat Penelitian.pdf Download (613kB) |
|
Text
Surat Persetujuan Skripsi.pdf Download (433kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih baik antara strategi keseluruhan dengan strategi bagian terhadap hasil belajar smash bawah bola voli pada siswa SMAN 4 Bekasi. Penelitian ini dilakukan di lapangan olahraga SMAN 4 Bekasi, perumahan Harapan Jaya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi. Penelitian ini dimulai pada tanggal 09 Januari 2017 sampai dengan tanggal 1 Februari 2017, dan jadwal pembelajaran setiap hari senin dan rabu pukul 15.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dengan menggunakan strategi eksperimen dan dengan jumlah populasi 42 anak di dalam kelas X.2 di SMAN 4 Bekasi. Tetapi hanya 30 sampel yang diambil dalam penelitian ini, cara pemilihan sampel dengan merandom atau mengacak menggunakan nomer undian yang diambil siswa ,dan Sampel kemudian melakukan tes awal smash bawah bola voli. Setelah itu dibagi menjadi 2 kelompok A dan B, dengan cara Genap dan Ganjil. Maka mendapatkan kelompok ganjil A1 menggunakan strategi Keseluruhan sedangkan kelompok genap A2 menggunakan strategi bagian. Yang mana kelompok A1 terdiri dari 15 siswa/i yang menggunakan strategi keseluruhan, sedangkan kelompok A2 terdiri dari 15 siswa/i menggunakan strategi bagian. Setelah pembagian kelompok selesai maka mulai memberikan perlakuan kepada masing-masing kelompok sebanyak 8 kali pertemuan dan setelah itu diadakan tes akhir atau pengambilan data akhir. ii Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data uji “t” dimulai dengan menghitung thitung untuk dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan = 0,05. Hasil analisa data adalah sebagai berikut 1. Kelompok strategi keseluruhan memperoleh rata-rata awal 24,93 dan rata-rata akhir 28,86. Standar deviasi awal 5,7 dan standar deviasi akhir 4,19, t hitung sebesar 32,75 dan t tabel 2,04. Sehingga terjadi peningkatan dalam strategi keseluruhan. 2. Kelompok strategi bagian memperoleh rata-rata awal 25,13 dan rata�rata akhir 30,6. Standar deviasi awal 1,89 dan standar deviasi akhir 1,85 , t hitung sebesar 42 dan t tabel 2,04. Sehingga terjadi peningkatan dalam strategi bagian. Kedua kelompok ini memperoleh nilai standar eror perbedaan mean 1,74, lalu t hitung sebesar 2,76 dan nilai t tabel 2,04 dengan taraf signifikan =0,05 , sehinga thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi bagian lebih efektif dari pada strategi keseluruhan dalam meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas X di SMAN 4 Bekasi. This study aims to compare which is better between the overall strategy with the section strategy on learning outcomes under smash volleyball at SMAN 4 Bekasi. This research was conducted on the sports field SMAN 4 Bekasi. Harapan Jaya housing. Kec. North Bekasi, Bekasi city. This research began on 9 January 2017 until 1 February 2017, and the learning schedule every Monday and Wednesday at 15.30 WIB until 17.30 WIB. This research was carried out as many as 8 times by using experimental strategy and with a total population of 42 children in the class X.2 SMAN Bekasi. But only 30 samples taken in this research, the way this election with the randomize uses lottery numbers drawn of students, and then every samples do the pretest under smash volley ball. After it was divided into two groups A and B, with even and odd way. Then get the odd group A1 using the overall strategy while the even group A2 uses the section strategy. Which group A1 consisted of 15 students who use the overall strategy, while group A2 consisted of 15 students who use the section strategy. After the break-out group completed then started giving the treatment to each group as much as 8 times and after that held a posttest or final data retrieval. Data analysis technique used is the analysis of the test data “t” began using tcount to be compared with ttable at significant level a = 0, 05. The results of the data analysis are as follows. iv 1. Overall strategy group earned an average start of 24,93 and a final average 28,86. Early standard deviation 5,7 and final standard deviation 4,29. tcount equal 32,75 and ttable 2, 04. So that an increase in the strategy. 2. Section strategy group earned an average start of 25,13 and a final average 30,6. Early standard deviation 1,89 and final standard deviation 1,85. tcount equal 42 and ttable 2, 04. So that an increase in the strategy. Both group received standard error value average mean 1,74, then tcount equal to 2,76 and ttable equal to 2, 04 with significance level a = 0, 05, so that tcount is greater than ttable. It can be concluded that the section strategy more effective than the overall strategy to improve the learning results of under smash volleyball the students of class X at SMAN 4 Bekasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Samsudin, M.Pd 2) Drs. Yansens H. Jutalo, M.Pd |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Penjaskesrek |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 16:11 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 16:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30334 |
Actions (login required)
View Item |