MAYASARI, . (2011) SIKAP MASYARAKAT TERHADAP ANAK TUNAGRAHITA (Suatu Survey di Lingkungan SLB-C Alfiany, Cengkareng Barat, Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB V+daftar pustaka.pdf Download (32kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (41kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (163kB) |
|
Text
bab III.pdf Download (65kB) |
|
Text
bab II.pdf Download (139kB) |
|
Text
cover-daftar isi skripsi.pdf Download (230kB) |
|
Text
lampiran1-angket.pdf Download (90kB) |
|
Text
lampiran 2,3,4,5.pdf Download (481kB) |
|
Text
lampiran 8,9,10.pdf Download (192kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang sikap masyarakat terhadap anak tunagrahita. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 80 responden dan sampel diambil dengan cara kombinasi sampling, yaitu purposive sampling, quota sampling, dan simple random sampling. Penelitian dilaksanakan di Rw 01 khususnya di Rt 06, 07, 08, dan 09 Kelurahan Cengkareng Barat, Jakarta Barat. Instrumen pada penelitian ini berupa angket yang disusun menurut skala Guttman dengan pilihan jawaban ya dan tidak. Instrumen ini telah diuji validitas menggunakan validitas konstruk, instrumen dinilai oleh 2 orang ahli bidang psikologi (expert judgement). Hasil final instrumen ini diperoleh sebanyak 35 pernyataan yang valid dan memiliki reliabilitas yang tinggi. Hasil penelitian dengan ketentuan kategori sikap positif apabila skor masyarakat lebih besar dari skor batas lulus ideal dan kategori sikap negatif apabila skor masyarakat lebih kecil dari skor batas lulus ideal. Berdasarkan perhitungan, maka skor yang diperoleh masyarakat berada di atas skor rata-rata ideal yaitu 18,96. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masyarakat lingkungan Rw 01 mempunyai sikap yang positif terhadap anak tunagrahita. Sikap positif masyarakat terhadap anak tunagrahita dapat ditunjukkan oleh berbagai sikap, misalnya orangtua mengijinkan anaknya bermain dengan anak tunagrahita, orang dewasa dengan senang hati mau menegur sapa atau tersenyum saat bertemu dengan anak tunagrahita, dan anak tunagrahita pun dilibatkan dalam kegiatan masyarakat, misalnya perlombaan saat hari kemerdekaan. Sikap positif masyarakat terhadap anak tunagrahita merupakan indikator yang cukup baik bagi program pendidikan dan kemampuan sosialisasi anak tunagrahita di lingkungannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Wuryani, M.Pd 2) Marja, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 23:57 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 23:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30932 |
Actions (login required)
View Item |