PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017

ADI WIBOWO, . (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
01. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (4MB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (4MB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (490kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 baik secara parsial mau pun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif statistik. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa laporan keuangan dan tahunan perusahaan. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah perusahaan yang memenuhi kriteria berjumlah 108 perusahaan dengan sampel penelitian berjumah 84 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik, uji persamaan regresi berganda, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji F dan uji t. Hasil analisis data menghasilkan persamaan regresi CSR = -0,397 + 0,004LN + 0,031ROA. Berdasarkan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap corporate social responsibility dengan Thitung > Ttabel (2,326 > 1,98969) dan nilai signifikansi 0,876 ˃ 0,05 (2) Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility dengan Thitung < Ttabel - 0,498 ˂ 1,98969 dan nilai signifikansi variabel Profitabilitas 0,620 > 0,05 (3) ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap corporate social responsibility dengan Fhitung > Ftabel (3,373 ˃ 3,11) serta nilai signifikansi 0,039 ˂ 0,05, koefisien korelasi 0,277 yang tergolong rendah dan koefisien determinasi sebesar 7,7%. * This study aims to determine the effect of company size and profitability on corporate social responsibility on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017 both partially and simultaneously. The method used in this study is a quantitative method with descriptive statistical analysis. Data collection uses documentation techniques in the form of financial statements and annual companies. Affordable population in this study were 108 companies that met the criteria with a sample of 84 companies. Data analysis techniques using test requirements analysis, classical assumption test, multiple regression equation test, and hypothesis testing consisting of F test and t test. The results of data analysis produced a regression equation CSR = -0,397 + 0,004LN + 0,031ROA. Based on the results of this study indicate that (1) the size of the company has an effect on corporate social responsibility with Thitung> T table (2.326> 1.98969) and a significance value of 0.876 (0.05 (2) Profitability does not influence corporate social responsibility with Thitung <Table -0,498 ˂ 1,98969 and the significance value of Profitability variable 0,620> 0,05 (3) company size and profitability have a simultaneous effect on corporate social responsibility with Fcount> Ftable (3,373 ˃ 3,11) and significance value 0.039 ˂ 0,05, the correlation coefficient of 0.277 is relatively low and the coefficient of determination is 7.7%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si, ; 2). Ati Sumiati, S.Pd., M.M,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:42
Last Modified: 06 Jul 2022 06:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31467

Actions (login required)

View Item View Item