HENING PANGHEGAR, . (2021) PENERAPAN PRINSIP – PRINSIP PENDEKATAN ANDRAGOGI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENATA RITEL DI AKADEMI RITEL GRAMEDIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. Abstrak.pdf Download (140kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (203kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (228kB) |
|
Text
2. Lembar Persetujuan.pdf Download (228kB) |
|
Text
3. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (197kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) |
|
Text
11d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
Text
11c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
Text
11b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
Text
11e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
Text
11a. BAB I.pdf Download (181kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan program Pendididkan dan Pelatihan Tenaga Ritel; (2) mendeskripsikan penerapan andragogi pada proses pembelajaran program Pendididkan dan Pelatihan Tenaga Ritel; dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat program Pendididkan dan Pelatihan Tenaga Ritel di Akademi Ritel Gramedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, trainer dan mahasiswa program Pendididkan dan Pelatihan Tenaga Ritel di Akademi Ritel Gramedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penerikan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan program Pendididkan dan Pelatihan Tenaga Ritel terdapat dikatakan baik karena telah memperhatikan semua komponen yang wajib ada dalam pelatihan yaitu: terdapat sumber daya manusia; dan pelatihan yang dilaksanakan telah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, (2) pendekatan andragogi telah diterapkan secara optimal oleh trainer terhadap mahasiswa pada proses pembelajaran program Pendididkan dan Pelatihan Tenaga Ritel berupa: kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan asumsi pokok pembelajaran orang dewasa; metode yang digunakan telah sesuai dengan karakteristik mahasiswa;dan terdapat hasil berupa perubahan sikap yang dialami oleh mahasiswa, (3) faktor pendukung yaitu partisipasi mahasiswa, trainer, dan juga pengelola, sedangkan faktor penghambat yaitu waktu diklat yang cukup singkat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Durotul Yatimah, M.Pd ; 2). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 04:41 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 04:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31489 |
Actions (login required)
View Item |