Pengembangan Ebook Sebagai Media Pembelajaran Literasi Digital Dalam Menanggulangi Hoax Pada Remaja di Komunitas Pelem Ayu Indramayu

DWI MELIYANTI PUTRI, . (2021) Pengembangan Ebook Sebagai Media Pembelajaran Literasi Digital Dalam Menanggulangi Hoax Pada Remaja di Komunitas Pelem Ayu Indramayu. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (367kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan media ebook karya inovatif ini menggunakan model pengembangan dengan metode Borg & Gall yg telah disederhanakan. Objek penelitian yang dikembangkan adalah berupa ebook literasi digital dalam menanggulango hoax. Subjek penelitian ini yaitu ali materi, ahli media serta 30 pengguna ebook yaitu remaja yg tergabung dalam anggota Komunitas Pelem Ayu. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh para remaja di komunitas sebagai media edukasi mengenai literasi digital dalam menanggulangi hoax (2) menguji kelayakan media yang telah dikembangkan peneliti. Kuisioner yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan Skala Likert yang digunakan untuk mengetahui penilaian terhadap kelayakan penyajian materi dan kelayakan media yang telah dikembangkan oleh peneliti. Hasil penilaian produk yang dilakukan oleh ahli media diperoleh dengan hasil sebesar 96,42 dengan kategori yang didapat adalah sangat layak. Dan untuk penilaian dari ahli materi diperoleh nilai sebesar 98,75 dengan katogori yang didapatkan adalah sangat layak. Untuk hasil penilaian pengguna diperoleh nilai sebesar 90,88 pada uji coba skala kecil dengan mendapatkan kategori sangat layak dan nilai sebesar 91,91 pada uji coba skala besar dengan mendapat kategori sangat layak. Selain itu, dilakukan evaluasi berupa pre test dan post test kepada pengguna ebook dan menunjukkan hasil peningkatan nilai yang cukup signifikan setelah pemberian materi ebook tentang literasi digital dalam menanggulangi hoax. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media ebook dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat menjadi sarana edukasi kepada remaja di komunitas mengenai literasi digital dalam menanggulangi hoax The development of this innovative ebook media uses a development model using the simplified Borg & Gall method. The object of research developed is in the form of a digital literacy ebook in dealing with hoaxes. The subjects of this research are Ali Materi, media experts and 30 ebook users, namely teenagers who are members of the Pelem Ayu Community. This study aims to: (1) produce learning media that can be used by teenagers in the community as educational media about digital literacy in tackling hoaxes (2) test the feasibility of the media that has been developed by researchers. The questionnaire used by the researcher is using a Likert Scale which is used to determine the assessment of the feasibility of presenting the material and the feasibility of the media that has been developed by the researcher. The results of the product assessment carried out by media experts were obtained with a result of 96.42 with the category obtained was very feasible. And for the assessment of the material expert, a score of 98.75 was obtained with the category obtained was very feasible. For the results of the user assessment, a score of 90.88 was obtained in a small-scale trial by getting a very decent category and a value of 91.91 in a large-scale trial by getting a very decent category. In addition, evaluations were carried out in the form of pre-test and post-test to ebook users and showed a significant increase in value after the provision of ebook material on digital literacy in tackling hoaxes. Therefore, it can be concluded that ebook media can be used as a learning medium and can be a means of educating teenagers in the community about digital literacy in tackling hoaxes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dr. Henny Herawati Br Dalimunthe, M.Pd 2)Dr. Ahmad Tijari, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 11:46
Last Modified: 07 Jul 2022 11:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31510

Actions (login required)

View Item View Item