FITRIA, . (2013) EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK SNOWBALL DRILLING TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG (Studi Eksperimen Terhadap Siswa MAN 4 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1.COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
3.RESUME.pdf Download (282kB) |
|
Text
4.KATA PENGANTAR.pdf Download (54kB) |
|
Text
5.DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
|
Text
6.BAB I-V.pdf Download (1MB) |
|
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
Text
8.RPP Eksperimen.pdf Download (146kB) |
|
Text
11.UJI VALIDITAS.pdf Download (471kB) |
|
Text
12.REALIBILITAS.pdf Download (254kB) |
Abstract
Mempelajari bahasa Jepang tidak terlepas dari kemampuan siswa dalam hal menyimak dan berbicara. Pada umumnya siswa masih mengalami kesulitan untuk menyampaikan gagasan dalam bahasa lisan khususnya dalam memahami sebuah percakapan sederhana sehari-hari. Kesulitan menyimak dan berbicara dalam bahasa Jepang pada siswa merupakan masalah yang sering muncul dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Jepang. Oleh karena itu dengan penerapan teknik snowball drilling dapat membantu siswa dalam melatih dan meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara dalam bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan teknik snowball drilling dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara dalam pembelajaran bahasa Jepang serta untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan teknik snowball drilling terhadap keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Jepang siswa kelas XI MAN 4 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen randomized control group post-test only design, dengan sampel sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalah tes keterampilan menyimak dan berbicara dalam bahasa Jepang yang dilakukan sekali pada akhir penelitian. Dari data hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 2,20 dan ttabel sebesar 2,02, maka thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu (2,20 > 2,02). Kesimpulan Penelitian ini bahwa Hk diterima dan Ho Ditolak. Berarti dapat dinyatakan terdapat efektivitas pada metode cooperative learning teknik snowball drilling terhadap keterampilan menyimak dan berbicara dalam pembelajaran bahasa Jepang pada siswa XI MAN 4 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd ; 2). Cut Erra Rismorlita, M.Si |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 10:53 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 10:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/318 |
Actions (login required)
View Item |