Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

NOVIA CATUR WIJI ASIH, . (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1. BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
2. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan video pembelajaran IPA berbasis PBL dengan materi pelajaran perubahan wujud benda dan peningkatan kemampuan berpikir kritis sebagai solusi atas permasalahan yang yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Cikini 02. Penemuan masalah tersebut telah dianalisa terkait pada kesulitan pemahaman konsep dalam pokok materi perubahan wujud benda. Penelitian ini adalah peneltian campuran, metode penelitian yang digunakan untuk pengembangan yaitu dengan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementatiom, dan Evaluation). Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument tes dan non tes. Ujicoba yang dilakukan yaitu ujicoba perseorangan, uji coba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Dilakukan pretest sebelum ujicoba pada kelas ekspreimen dan posttest setelah selesai semua tahap ujicoba. Hasil perhitungan rata-rata nilai akhir, kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 67,58 dan rata-rata untuk kelompok eksperimen sebesar 86,33 dan memiliki nilai signifiknasi uji beda rata-rata sebesar 0,000<0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata hasil akhir untuk kelompok kontrol dan eksperimen, di mana rata-rata nilai eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelompok kontrol. maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, sehingga disimpulkan ada peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa yang diberi perlakuan dengan ujicoba penerapan video pembelajaran berbasis PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Kata kunci: Video Pembelajaran, Problem Based Learning, IPA, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14511 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:30
Last Modified: 18 Jan 2024 05:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32886

Actions (login required)

View Item View Item