FRIGATE ARDHITO WICAKSONO, . (2022) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif di SMPN 236 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengumpulkan data agar dapat menganalisis bagaimana penguatan pendidikan karakter berbasis kelas melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPN 236 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, waktu penelitian ini yaitu dari bulan April sampai Mei 2022. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi (Kurikulum dan RPP). Teknik wawancara yang digunakan yaitu wawancara terstruktur, untuk teknik observasi dilakukan di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung. Teknik pengolahan data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa secara teori, kurikulum dan RPP yang digunakan sudah mengandung penguatan Pendidikan karakter di dalamnya. Kepribadian guru dapat menjadi teladan serta dapat memfasilitasi dirinya dan peserta didik untuk mencapai nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kurikulum dan RPP. Interaksi di antara guru dengan peserta didik, memperhatikan aspek sosial serta emosional dari para peserta didiknya. Dengan melaksanakan pembelajaran secara semangat, aktif, serta positif kepada peserta didiknya. Suasana kelas yang diwujudkan yaitu guru berusaha untuk memberikan suasana kelas yang nyaman, tenang, menyenangkan, serta kondusif. Penguatan Pendidikan karakter melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilakukan dengan cara eksplorasi, elaborasi, serta konfirmasi. Faktor penghambat pada penguatan ini yaitu, cara belajar peserta didik yang berbeda-beda, terbatasnya waktu pembelajaran karena penyesuaian pasca covid-19, serta keterbatasan guru dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang dalam melaksanakan pembelajaran. ***** This study aims to collect data in order to analyze how to strengthen classroom-based character education through Pancasila and Citizenship Education subjects at SMPN 236 Jakarta. This study uses a qualitative approach with a descriptive method, the time of this research is from April to May 2022. Data collection methods used are interviews, observations, and documentation studies (curriculum and lesson plans). The interview technique used is structured interview, for the observation technique is carried out in the classroom while learning takes place. Data processing techniques carried out are data collection, data reduction, data presentation, verification and conclusion. The findings of this study indicate that theoretically, the curriculum and lesson plans used already contain the strengthening of character education in it. The teacher's personality can be an example and can facilitate himself and students to achieve the character values contained in the curriculum and lesson plans. Interaction between teachers and students, paying attention to the social and emotional aspects of the students. By carrying out learning enthusiastically, actively, and positively to the students. The classroom atmosphere that is realized is that the teacher tries to provide a comfortable, calm, fun, and conducive classroom atmosphere. Strengthening character education through Pancasila and Citizenship Education subjects is carried out by means of exploration, elaboration, and confirmation. The inhibiting factors for this strengthening are, the different ways of learning for students, the limited learning time due to post-covid-19 adjustments, and the limitations of teachers in utilizing developing technology in carrying out learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yuyus Kardiman, S.Pd., M.Pd. ; 2). Asep Rudi Casmana, S.Pd., M.A. |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 14790 not found. |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 02:55 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 02:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33007 |
Actions (login required)
View Item |