WIWIED JUMAHNINGRUM, . (2022) TRANSFORMASI NILAI MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PADA MATA PELAJARAN PPKN (STUDI KUALITATIF DI SMP NEGERI 243 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (966kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui transformasi nilai dan pelaksanaan metode pembelajaran diskusi dalam membentuk nilai karakter percaya diri peserta didik di SMP Negeri 243 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi pelaksanaan pembelajaran, wawancara yang dilakukan kepada informan kunci yaitu dua guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan empat informan peserta didik kelas 8 serta ditambahkan dengan satu pendapat ahli, dan studi dokumen (RPP). Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi nilai karakter percaya diri melalui metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 243 Jakarta dilakukan guru dengan dua hal, yaitu peran serta dan bimbingan. Peran serta yang dilakukan guru pada pembelajaran PPKn di kelas yaitu dengan memilih metode diskusi kelompok kecil dan untuk bimbingan yang dilakukan guru yaitu dengan arahan ataupun strategi melalui ilustrasi, motivasi, dan reward serta adanya pemberian contoh melalui materi yang dikaitkan. Pelaksanaan metode pembelajaran diskusi dalam membentuk karakter percaya diri peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 243 Jakarta yang dilakukan guru diawali dengan perencanaan melalui RPP serta dengan adanya evaluasi dari pembelajaran yang telah dilakukan yaitu untuk menilai salah satunya kelemahan dan kelebihan dari metode pembelajaran diskusi yang telah dilaksanakan peserta didik dan guru jadi mengetahui hal yang perlu terus ditingkatkan dalam membentuk kepercayaan diri peserta didik. Kesimpulan penelitian ini bahwa peran serta dan bimbingan guru selama pelaksanaan metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran PPKn yang terencana dan tersampaikan dengan baik adalah faktor penting untuk peserta didik dalam membentuk karakter percaya diri selama pembelajaran PPKn. This study aims to determine the transformation of values and the implementation of discussion learning methods in shaping the self-confidence character values of students at SMP Negeri 243 Jakarta. This study used a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques used were observation of learning implementation, interviews with key informants, namely two Pancasila and Citizenship Education teachers and four 8th grade student informants and added with one expert opinion, and document study (RPP). In this study using data analysis techniques, namely reduction, presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the transformation of the value of self�confidence through discussion learning methods in Civics subjects at SMP Negeri 243 Jakarta is carried out by the teacher in two ways, namely participation and guidance. The teacher's participation in learning Civics in the classroom is by choosing the small group discussion method and for the guidance carried out by the teacher, namely by direction or strategy through illustrations, motivation, and rewards as well as the provision of examples through related materials. The implementation of the discussion learning method in shaping the self-confidence of students in Civics subjects at SMP Negeri 243 Jakarta, the teacher begins with planning through RPP and with an evaluation of the learning that has been carried out, namely to assess one of the weaknesses and strengths of the discussion learning method. that has been carried out by students and teachers so that they know things that need to be continuously improved in forming students' self-confidence. The conclusion of this study is that the participation and guidance of teachers during the implementation of the discussion learning method on Civics subjects that are well planned and conveyed are important factors for students in forming confident characters during Civics learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Achmad Husen, M.Pd; 2. Asep Rudi Casmana, S.Pd., M.A. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 14906 not found. |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 05:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 05:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33211 |
Actions (login required)
View Item |