PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 198 Jakarta Timur)

ANATSYA CHOERUNNISA, . (2022) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 198 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter mandiri siswa dalam pembelajaran PPKn melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2022. Metode yang digunakan didalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Prosedur pegumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang dilakukan kepada para informan yakni peserta didk kelas VIII - D dan Key Informant yaitu guru PPKn SMP Negeri 198 Jakarta. Untuk kelengkapan data didukung oleh pendapat ahli. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter mandiri dengan menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran PPKn ini sudah sesuai dengan sintak pembelajaran berdasarkan masalah. Dengan para peserta didik yang belajar secara aktif serta mandiri dalam memecahkan suatu isu (masalah) yang diberikan oleh guru, selain meningkatkan daya berpikir kritis peserta didik hal itu pun dapat membuat peserta didik belajar secara mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini ialah, bahwa dalam penggunaan model problem based learning ini selain dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, lalu menumbuhkan rasa percaya diri juga dapat mengembangkan karakter mandiri para peserta didik melalui pemecahan suatu masalah yang autentik. ***** This study aims to obtain information about how the implementation of independent character education for students in Civics learning through the Problem Based Learning model. This research was conducted from March to April 2022. The method used in this research is a qualitative approach with a descriptive method. The data collection procedure in this study was carried out by means of observation, interviews and documentation studies conducted on informants, namely students in class VIII - D and Key Informants, namely PPKn teachers at SMP Negeri 198 Jakarta. For completeness of data supported by expert opinion. The results in this study indicate that the implementation of independent character education using a problem based learning model in Civics learning is in accordance with the problem-based learning syntax. With students who learn actively and independently in solving an issue (problem) given by the teacher, in addition to increasing students' critical thinking power, it can also make students learn independently. The conclusion of this study is that the use of this problem based learning model in addition to developing students' critical thinking skills, then growing self-confidence can also develop students' independent character through authentic problem solving..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd 2) Dr. Yasnita, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15147 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:40
Last Modified: 26 Aug 2022 02:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33238

Actions (login required)

View Item View Item