HUBUNGAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEJENUHAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RITA PURNAMA SARI, . (2022) HUBUNGAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEJENUHAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan pembelajaran daring dengan kejenuhan belajar mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2019-2021 sebanyak 254 mahasiswa dan jumlah sampel sebanyak 155 responden. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi product moment menunjukkan nilai sig.(2-tailed) 0,000 kurang dari 0,05 dan r hitung (-0,416). Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara lingkungan pembelajaran daring dengan kejenuhan belajar mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik lingkungan pembelajaran daring maka semakin rendah kejenuhan belajar mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. ***** This study aims to determine correlation online learning environment with study burnout of Social Studies Education students, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta. The method in this study uses a quantitative approach. The sampling technique used is simple random sampling. The population used in this study was the Social Studies Education students of the 2019-2021 class as many as 254 students and the total sample was 155 respondents. Based on the analysis of the product moment value of sig. (2-tailed) 0.000 is less than 0.05 and r count (-0.416). The results of this study can be concluded that there is a negative correlation the online learning environment with student study burnout of Social Studies Education Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta. This shows that the better an online learning environment, so the lower study burnout of Social Studies Education students, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Dian Alfia Purwandari, SE., M.Si 2) Saipiatuddin, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 15061 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:44
Last Modified: 25 Aug 2022 01:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33284

Actions (login required)

View Item View Item