MOCHAMAD DAFFA ALFIANSYAH, . (2022) FAKTOR-FAKTOR DALAM MEMILIH MODA TRANSPORTASI MASSAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA LINTAS RAYA TERPADU JABODEBEK (Studi Kasus: Masyarakat Kecamatan Ciracas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (707kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berguna untuk mengetahui apa saja faktor faktor individu dalam menentukan transportasi massal yang akan digunakan, hal ini dikarenakan adanya moda transportasi massal baru ber basis rel di wilayah timur kota Jakarta dan daerah penyangga Ibukota yaitu Depok, Bogor dan Bekasi yaitu LRT Light Rapid Transit Jabodebek atau di kbbi-kan menjadi Lintas Raya Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan subyek penelitian masyarakat Kecamatan Ciracas dan menggunakan kuisioner untuk teknik pengumpulan data dan mengungkap data mengenai faktor-faktor individu dalam memilih transportasi massal terhadap keputusan pengguna (masyarakat Kecamatan Ciracas). Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel berupa probability sampling dengan jenis purposive sampling, yang dimulai pada bulan Desember 2021 sampai dengan Februari 2022. Penghitungan validitas dan reliabilitas digunakan korelasi product moment dan alpha cronbach. Sebagai prasyarat analisis digunakan uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi, regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada faktor karakteristik perjalanan terhadap keputusan pengguna dibuktikan dengan nilai t-hitung 0.009 < 0.05. juga terdapat pengaruh yang tidak signifikan pada faktor karakteristik pelaku perjalanan terhadap keputusan pengguna dibuktikan dengan nilai t-hitung 0.173 > 0.05. Serta terdapat pengaruh yang signifikan pada faktor karakteristik sistem transportasi terhadap keputusan pengguna dibuktikan dengan nilai t-hitung 0.000 < 0.05. Berdasarkan analisis per-wilayah kelurahan, pada ketiga variabel faktor karakteristik perjalanan, faktor karakteristik pelaku perjalanan dan faktor karakteristik sistem transportasi dan faktor keputusan pengguna. Kelurahan Kampung Rambutan memiliki presentase paling tinggi untuk menggunakan lintas raya terpadu Jabodebek. ***** This study aims to find out what are the individual factors in determining the mass transportation to be used, this is due to the existence of a new mass transportation mode based on the rail in the eastern area of the city of Jakarta and the buffer areas of the capital, namely Depok, Bogor and Bekasi, namely the Jabodebek LRT Light Rapid Transit or in the Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) become an Integrated Highway or Lintas Raya Terpadu (LRT). This study used a descriptive quantitative method with the research subjects of the Ciracas Subdistrict Community and used questionnaires for data collection techniques and revealling data on individual factors in choosing mass transportation against user decisions (ciracas subdistrict community). Researcher used a sampling technique in the form of probability sampling with the type of purposive sampling from December 2021 to February 2022. The calculation of validity and reliability is used in the correlation of product-moment and alpha Cronbach. Tests of normality, linearity, and multicollinearity are used as a prerequisite of the data analysis. Data analysis techniques use description analysis, coefficient of determination, and multiple linear regression with the help of SPSS. The results of the study obtained as follows 1) there is a significant influence on the factor of travel characteristics on user decisions as evidenced by a t-count value of 0.009 < 0.05. 2) there is an insignificant influence on the factor of the characteristics of the traveler on the user's decision as evidenced by the t-count value of 0.173 > 0.05. 3) there is a significant influence of the characteristic factors of the transport system on user decisions which can be prove by the t-count value of 0.000 < 0.05. Based on sub-district anylisis the three variable factor of travel characteristics, the factor of the characteristics of the traveler, characteristic factors of the transport system. Sub-district Kampung Rambutan has the highest percentage to used the Jabodetabek light rapid transit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Aris Munandar, M.Si 2). Dr. Ode Sofyan Hardi, M.Pd., M.Si |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Geografi, Antropologi > Geografi Fisik Geografi, Antropologi > Antropologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 15029 not found. |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 06:14 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 01:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33363 |
Actions (login required)
View Item |