SAUSAN HUWAIDA, . (2022) PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM TERPADU PESANTREN NURURRAHMAN KOTA DEPOK(STUDI KASUS : DI KELAS XI IPA DAN IPS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (813kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (658kB) |
|
Text
07 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah di SMA Islam Terpadu Pesantren Nururrahman Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, bidang kurikulum, guru sejarah indonesia, dan siswa kelas XI IPA dan XI IPS, serta guru bimbingan konseling. Teknik keabsahan data yaitu dengan cara triangulasi. Kemudian menganalisis data dengan cara reduksi data (penyeleksian data), penyajian data (pengumpulan informasi), dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kedekatan emosional sebagai masyarakat Depok dan dari tiga penelitian terdahulu yang relevan untuk dikaji berdasarkan latarbelakang penulis untuk membahas Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Sejarah di sekolah tersebut. Dari kajian penelitian ini menunjukan bahwa dalam perencanaan pembelajaran jarak jauh terutama pada mata pelajaran sejarah sudah terencana dengan baik. Baik dari segi tujuan dalam pembelajaran jarak jauh untuk pemenuhan hak pendidikan anak, dukungan personel dari sekolah maupun luar sekolah, dan kebijakan kurikulum maupun sekolah dalam pembagian tugas dan tanggung jawab antara guru dan staff karyawan lainnya, serta ketersediaannya sarana dan pra sarana yang memadai. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajarannya, guru sejarah dalam penyampaian materi dengan metode ceramah dan diskusi sudah baik, menyelipkan video sejarah, maupun memberikan infografis di akhir pembelajaran sehingga peserta didik yang tertinggal kelas karena out zoom dapat menerima dan memahami inti materi yang disampaikan pada pertemuan pada saat itu secara keseluruhan. Penyampaian materi kepada peserta didik dilakukan secara optimal, interaktif, dan mampu mengeksplor serta memanfaatkan media pembelajaran digital. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di SMA Islam Terpadu Pesantren Nururrahman kota Depok terbagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor pendukung : a. Faktor Internal 1) Penggunaan zoom berbayar yang disediakan sekolah b. Faktor Eksternal 1) Pemangkasan anggaran dari sekolah 2) peningkatan SDM 3) Fasilitas sarana dan pra sarana yang mendukung 4) Peran guru bimbingan konseling secara langsung 5) pembelajaran daring dapat dilakukan dimana saja 6) SATGAS COVID sekolah yang berkolaborasi dengan pukesmas kecamatan 7) Kualitas guru yang baik. Faktor penghambat : a. Faktor Internal 1) Materi yang kurang dipelajari 2) kurangnya kefokusan pada peserta didik 3) peserta didik lebih cepat jenuh 4) Tingkat kedisiplinan dalam penyelesaian tugas berkurang 5) Interaksi siswa yang kurang (lebih pasif) 6) Menurunnya motivasi belajar. b. Faktor Eksternal 1) sinyal yang tidak stabil 2) Keterbatasan waktu 3) Kurangnya dukungan orang tua kepada anak. The purpose of this reseacrh is to describe related plannimg, implementation, Supporting factors and obstacle factor in distance learning on history subjects at the integrated islamic senior high school nururrahman islamic boarding school Depok city. Research methods in this research is qualitative research methods with a case study approach. The data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. Research subjects consist of headmaster, curriculum field, indonesian history teacher, and student class XI IPA and XI IPS, as well as counseling guidance teachers. The technique of data validity is by triangulation. Thn analyze the data ny means of data reduction (data selection), data presentation (information gathering), and draw conclusions. This research is motivated because of the emotional closeness as a Depok community and from three previous studies that are relevant to be studied based on the author's background to discuss Distance Learning in History Subjects at the school. From this study shows that in planning distance learning, especially in history subjects, it has been well planned. Both in terms of goals in distance learning to fulfill children's education rights, support for personnel from school and outside of school, and curriculum and school policies in the division of tasks and responsibilities between teachers and other staff employees, as well as the availability of adequate facilities and infrastructure. Then in the implementation of learning, the history teacher in delivering material with the lecture and discussion method is good, inserting a history video, or providing infographics at the end of the lesson so that students who are left behind in class due to out zoom can accept and understand the core material presented at the meeting at that time overall. Submission of material to students is carried out optimally, interactively, and able to explore and utilize digital learning media. The supporting and inhibiting factors in online learning in history subjects at the Integrated Islamic Senior High School Nururrahman Islamic Boarding School Depok city are divided into 2, namely internal and external factors. Supporting factors: a. Internal Factors 1) Use of paid zoom provided by the school b. External Factors 1) Budget cuts from schools 2) HR improvement 3) Supporting facilities and infrastructure 4) The role of direct counseling guidance teachers 5) online learning can be done anywhere 6) School COVID Task Force collaborating with sub-district health centers 7) Quality good teacher. Inhibiting factors: a. Internal factors 1) Less studied material 2) lack of focus on students 3) students get bored faster 4) Decreased level of discipline in completing assignments 5) Less student interaction (more passive) 6) Decreased motivation to learn. b External factors 1) unstable signal 2) Time constraints 3) Lack of parental support for children.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. M. Fakhruddin, M.Si ; 2). Humaidi, M.Hum |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 14911 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 04:01 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 04:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33625 |
Actions (login required)
View Item |