ANALISIS KONTEN BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN WARGA NEGARA

RANI NURLITA, . (2022) ANALISIS KONTEN BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN WARGA NEGARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan konten dalam buku teks Pendidikan Pancasila Kelas VII Kurikulum Merdeka terbitan Penerbit Erlangga dalam membentuk kecerdasan warga negara berdasarkan kompetensi pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills), dan watak kewarganegaraan (civic disposition). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku teks Pendidikan Pancasila kelas VII Kurikulum Merdeka terbitan Penerbit Erlangga tahun 2022 dan sumber data sekunder diperoleh dari hasil wawancara dengan expert serta literatur yang relevan. Teknik pegumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu dari bulan Februari hingga Agustus 2022. Dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber data serta peningkatan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa muatan konten dalam buku teks Pendidikan Pancasila Kelas VII Kurikulum Merdeka yang mencakup kompetensi pembentukan kecerdasan warga adalah muatan konten kegiatan dan praproyek yang diimplentasikan dalam kegiatan mencari informasi, menganalisis, diskusi, pembelajaran berbasis proyek, dan penerapan karakter profil pelajar Pancasila. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills), dan watak kewarganegaraan (civic disposition) yang merupakan komponen pembentukan kecerdasan warga negara tidak dapat dipisahkan dalam buku teks Pendidikan Pancasila karena masing-masing komponen memiliki peran yang penting dalam membentuk kecerdasan warga negara. ***** The purpose of this study was to determine the content of the Pancasila Education Textbook Class VII Independent Curriculum published by Erlangga Publisher in shaping the intelligence of citizens based on civic knowledge, civic skills, and civic disposition. The research method used is content analysis with a qualitative approach. The primary data source used in this study was the textbook of Pancasila Education Class VII Curriculum Merdeka published by Erlangga Publisher in 2022 and the secondary data source was obtained from interviews with experts and relevant literature. Data collection techniques used by researchers are documentation and interviews. This research was conducted in the period from February to August 2022. In testing the validity of the data, the researcher used triangulation of data sources and increased persistence. The results of this study indicate that the content of the Pancasila Education Textbook Class VII Independent Curriculum which includes the competence of forming citizen intelligence is the content of activities and pre-projects which are implemented in activities of seeking information, analyzing, discussing, project-based learning, and applying the character profile of Pancasila students. The conclusion in this study is that civic knowledge, civic skills, and civic disposition which are components of the formation of citizen intelligence cannot be separated in the Pancasila Education textbook because each component has a important role in shaping the intelligence of citizens.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuyus Kardiman, S.Pd., M.Pd. 2). Raharjo, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15380 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:29
Last Modified: 30 Aug 2022 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33690

Actions (login required)

View Item View Item