NUR LANSHE, . (2022) MODEL PENDIDIKAN ISLAM MODERAT PP IPPNU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
Abstract
Organisasi IPPNU merupakan organisasi keperempuanan dibawah naungan Nahdlatul Ulama yang cita-cita utamanya adalah membentuk “khaira Ummah”. Salah satu hal penting yang digalakkan dalam organisasi ini adalah agar perempuan dapat memilki peran dalam menyebarkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin di negara Indonesia. Sejak awal berdiri, IPPNU membawa amanah untuk mendidik dan membina pelajar putri di Indonesia untuk menerapkan peradaban Islam yang harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pendidikan Islam moderat pada organisasi PP IPPNU melalui ajaran maupun program/kegiatan yang dilaksanakan oleh PP IPPNU. Model ini dapat ditemukan dengan cara menganalisis pola, langkah-langkah, strategi dan metode dalam melaksanakan sebuah program/kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan Islam moderat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menggali serta memperoleh data deskriptif yang berupa ucapan, tulisan, kegiatan, dokumentasi yang diamati dari fokus penelitian. Sumber data diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Sementara teknik analisis data mengunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang model pendidikan dan teori tentang pendidikan Islam moderat serta moderasi keperempuanan. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa; 1) Model pendidikan Islam moderat PP IPPNU tercermin dari visi dan misi, tujuan organisasi, citra diri organisasi serta landasan organisasi yang semuanya melebur menjadi gerakan pendidikan yang memberdayakan anggota yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi baik moral maupun intelektual. Proses pendidikan yang terkonstruk dalam pembentukan kader-kader intelektual dengan mengarahkan pada minat bakat serta social skill dan penguatan keagamaan anggota secara terencana merupakan hasil dimensi dari model pendidikan Islam moderat berbasis progresif dan humanistik religius; 2) Implementasi model pendidikan Islam moderat organisasi ini berkaitan dengan perempuan dalam ruang publik, sosial masyarakat, dakwah, perluasan pengetahuan, spiritualitas dan upaya dalam bela negara. 3) Faktor-faktor yang melandasi pelaksanaan model pendidikan Islam moderat di PP IPPNU yakni dibagi menjadi faktor internal dan eksternal. ***** The IPPNU organization is an organization under the auspices of Nahdlatul Ulama whose main goal is to form a "khaira Ummah". One of the important things that are encouraged in this organization is to be able to have a role in spreading Islam that is rahmatan lil 'alamin in Indonesia. Since its inception, IPPNU has carried the mandate to educate and foster students in Indonesia to implement Wasathiyah Islamic civilization. This study aims to describe the model of moderate Islamic education in the PP IPPNU organization through the teachings and programs/activities carried out by PP IPPNU. This model can be found by analyzing patterns, steps, strategies and methods in implementing a program/activity related to moderate Islamic education. This research uses descriptive qualitative research with a case study approach, this research explores and obtains descriptive data in the form of speech, writing, activities, documentation observed from the research focus. Sources of data obtained from observations, interviews and documentation studies. Meanwhile, the data analysis technique uses an interactive model by Miles and Huberman, which consists of three activity lines, namely: data reduction, data presentation and conclusion drawing/verification. The theory used in this research is the theory of the educational model and the theory of moderate Islamic education. The results of this study are showing that; 1) PP IPPNU's moderate Islamic education model is reflected in the vision and mission, organizational goals,organizational self-image and organizational foundation which all merge into an educational movement that empowers members who have high human values both morally and intellectually. The educational process that is constructed in the formation of intellectual cadres by directing the interests of talents and social skills and the planned strengthening of religious members is the result of the dimensions of the moderate Islamic education model based on progressive and religious humanistic; 2) Implementation of the organization’s moderate Islamic education model with regard to women in the public sphere, social society, proselytizing, espansion knowledge, spirituality and effort in defending the country. 3) The factors that underlie the implementation of the moderate Islamic education model in PP IPPNU, which is divided into internal and external factors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Firdaus Wajdi, Ph.D. ; 2). Dr. Muhammad Ridwan Effendi, M.Ud. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 15417 not found. |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 05:26 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 05:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33805 |
Actions (login required)
View Item |