EDELEYNA RIZQITA WARDHANI, . (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA ALAT MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH WANITA TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DESAIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (783kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (253kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran berupa alat bantu menggambar proporsi tubuh wanita terhadap hasil belajar dasar desain. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Bogor yang sedang mempelajari mata pelajaran dasar desain yang berjumlah 99 siswa. Sampel penelitian dipilih melalui Teknik cluster random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa yang terdiri dari kelas kontrol sebanyak 33 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 33 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa achievement test yang terdiri dari soal teori meliputi pilihan ganda dan soal praktik untuk data hasil belajar. Hasil analisis terhadap hasil belajar dasar desain dengan penggunaan media pembelajaran berupa alat bantu menggambar proporsi tubuh wanita memiliki pengaruh positif. Pemahaman dari aspek kognitif kedua kelas mendapat nilai yang setara dan dari aspek psikomotorik yang meliputi keterampilan hasil menggambar proporsi tubuh menggunakan media pembelajaran berupa alat bantu menggambar proporsi tubuh, kelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih baik daripada kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test independent. Diperoleh nilai t-hitung sebesar 9.689 dengan signifikansi 0.000. Nilai signifikansi yang menunjukkan 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan media pembelajaran berupa alat bantu menggambar proporsi tubuh wanita terhadap hasil belajar dasar desain siswa. ***** This study aims to determine the effect of learning media in the form of tools for drawing the proportions of a woman's body on basic design learning outcomes. This study uses a quantitative approach with pre-experimental research methods. The population of this study were students of class X Fashion Design at SMK Negeri 3 Bogor who were studying basic design subjects, totaling 99 students. The research sample was selected through cluster random sampling technique. The number of samples in this study amounted to 66 students consisting of 33 students in the control class and 33 students in the experimental class. Research data was collected using an instrument in the form of an achievement test consisting of theoretical questions including multiple choice and practical questions for learning outcomes data. The results of the analysis of the basic learning outcomes of design with the use of learning media in the form of tools for drawing the proportions of a woman's body have a positive influence. Understanding from the cognitive aspect of the two classes got equal scores and from the psychomotor aspect which included the skills of drawing body proportions using learning media in the form of tools for drawing body proportions, the experimental class got a better score than the control class. The data obtained were analyzed using independent t-test. Obtained t-count value of 9,689 with a significance of 0.000. The significance value shows 0.000 < 0.05 so that H0 rejected. Thus, it can be concluded that there is a significant influence on the use of learning media in the form of drawing aids for female body proportions on students' basic design learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Melly Prabawati, M.Pd. ; 2). Esty Nurbaity A., S.Pd., M.K.M. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Users 15672 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 07:17 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 07:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34255 |
Actions (login required)
View Item |