STRATEGI PEMBELAJARAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C CRITICAL THINKING

ALDI GUSTIAWAN, . (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C CRITICAL THINKING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan langkah-langkah strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan discovery learning dalam meningkatkan keterampilan critical thinking peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada tiga informan yaitu guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan satu key informant yaitu Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Kota Bogor. Studi kepustakaan dilakukan melalui buku dan jurnal relavan. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang didapat adalah dalam menerapkan suatu strategi pembelajaran seorang guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan harus memiliki fungsi merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengawasi. Dimana keempat fungsi tersebut harus dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Selain itu untuk dapat meningkatkan keterampilan critical thinking peserta didik terdapat enam langkah yang harus diperhatikan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, generalization. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan model discovery learning yang diterapkan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirasa efektif dapat meningkatkan keterampilan critical thinking peserta didik. ***** This study aims to find out how the implementation and steps of learning strategies for Pancasila Education and Citizenship discovery learning in improving students' critical thinking skills. The method used in this study is to use a descriptive method with a qualitative approach. The data sources used in this study are divided into two, namely primary data sources and secondary data sources. Data collection techniques used in this study are interviews and literature study. Interviews were conducted with three informants, namely Pancasila and Citizenship Education teachers and one key informant, namely the Principal of SMP Negeri 6 Bogor City. Meanwhile, literature study was conducted through relevant books and journals. Data analysis techniques used in the form of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research obtained are that in implementing a learning strategy a teacher of Pancasila and Citizenship Education must have the function of planning, organizing, leading and supervising. Where the four functions must be carried out in a structured and systematic manner. In addition, to be able to improve students' critical thinking skills, there are six steps that must be considered by Pancasila and Citizenship Education teachers, namely stimulation, problem statements, data collection, data processing, verification, generalization. The conclusion of this study is that the learning strategy of Pancasila and Citizenship Education with the discovery learning model applied by Pancasila and Citizenship Education teachers is considered effective in improving students' critical thinking skills. The application of discovery learning learning strategies can also not only be used in learning Pancasila and Citizenship Education, but can be an alternative for other subject teachers to improve students' 4C skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd 2). Asep Rudi Casmana, S.Pd, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15358 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:44
Last Modified: 14 Sep 2022 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34339

Actions (login required)

View Item View Item