WASTAFEL PORTABEL INEZ (WASPORI) SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN MENCUCI PIRING SECARA MANDIRI PADA SISWA TUNAGRAHITA

INEZ ARDELIA MALIHA, . (2022) WASTAFEL PORTABEL INEZ (WASPORI) SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN MENCUCI PIRING SECARA MANDIRI PADA SISWA TUNAGRAHITA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat pembelajaran WASPORI sebagai alat pembelajaran mencuci piring portabel untuk siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE dan telah divalidasi oleh 5 orang ahli, yang terdiri dari 3 orang ahli media, 1 orang ahli tunagrahita, dan 1 orang ahli materi pembelajaran dengan hasil rata-rata penilaian 79,89 sehingga WASPORI dinilai sudah “baik” dan dapat digunakan kepada siswa tunagrahita. Produk penelitian ini sudah diujicobakan pada 5 siswa tunagrahita di kelas IX di Sekolah Luar Biasa Bunga Indonesia. Hasil dari ujicoba pada siswa menyatakan bahwa siswa mengalami peningkatan pembelajaran sebanyak 15%. Hal ini menunjukkan bahwa alat pembelajaran WASPORI sudah layak untuk dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran mencuci piring pada siswa tunagrahita di sekolah. Alat pembelajaran WASPORI sudah dilengkapi dengan buku panduan penggunaan yang akan memudahkan guru serta siswa mengetahui tata cara penggunaan WASPORI sehingga pembelajaran mencuci piring disekolah dapat lebih efektif dan menyenangkan. ***** This study aims to produce a WASPORI learning tool as a learning tool for portable washing dishes for mentally retarded students. This study uses the ADDIE method and has been validated by 5 experts, consisting of 3 media experts, 1 mentally retarded expert, and 1 learning material expert with an average score of 79.89 so WASPORI is considered "good" and can used for mentally retarded students. This research product has been tested on 5 mentally retarded students in class IX at the Bunga Indonesia Special School. The results of the test on students stated that students experienced an increase in learning as much as 15%. This shows that the WASPORI learning tool is feasible to be used as a learning tool for washing dishes for mentally retarded students at school. The WASPORI learning tool is equipped with a user manual that will make it easier for teachers and students to know how to use WASPORI so that learning to wash dishes at school can be more effective and fun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indra Jaya, M.Pd 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 15542 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:34
Last Modified: 05 Sep 2022 03:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34650

Actions (login required)

View Item View Item