FAHMA SHADRINA, . (2022) HUBUNGAN INTERAKSI PARASOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENONTON SIARAN LANGSUNG VIDEO GAME DI NIMO TV. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (991kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (586kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
Abstract
Media siaran langsung video game berkembang pesat dalam satu dekade terakhir. Nimo TV merupakan salah satu platform siaran langsung video game yang banyak digunakan di Indonesia. Di dalam platform tersebut, penonton dapat melakukan keterlibatan (engagement), berinteraksi dengan penyiar dan juga melakukan kegiatan konsumsi dengan membeli hadiah virtual untuk diberikan kepada penyiar yang disukai. Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan interaksi parasosial terhadap perilaku konsumtif penonton siaran langsung video game di platform Nimo TV. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Lokasi penelitian di platform siaran langsung Nimo TV, dengan waktu selama kurang lebih 8 bulan, yang dimulai sejak bulan Januari hingga Agustus 2022. Responden dari penelitian ini adalah anggota server discord Nimo TV NEST-id sebanyak 104 orang. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan survei secara daring melalui media Google Form. Kuesioner terdiri dari 34 item pertanyaan dengan menggunakan skala thurstone. Data yang dihasilkan berupa data interval yang diolah dengan uji korelasi linier menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil akhir penelitian ini menunjukan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti adanya korelasi dan nilai pearson correlation sebesar 0,636 yang artinya terdapat hubungan searah yang kuat antara interaksi parasosial terhadap perilaku konsumtif pada penonton siaran langsung Nimo TV. Adanya hubungan antara kedua variabel diperkuat dengan fitur-fitur yang tersedia di dalam siaran langsung video game. Interaksi yang terjadi secara real time mengakibatkan kuatnya interaksi parasosial yang menyebabkan penonton merasakan hubungan ilusi dan kepercayaan. Kepercayaan yang tinggi terhadap penyiar dapat memicu pembelian impulsif, pemborosan, dan kegiatan konsumsi untuk mencari kesenangan sehingga terjadinya perilaku konsumtif. ***** Video game live stream media has grown rapidly in the last decade. Nimo TV is one of the most widely used video game live stream platforms in Indonesia. On the platform, viewers can engage, interact with streamers and also engage in consumption activities by buying virtual gifts to give to the streamers they like. In this regard, this study aims to analyze the relationship between parasocial interactions and consumptive behavior of live video game viewers on the Nimo TV platform. This research uses a quantitative approach. The research location was on the Nimo TV live broadcast platform for approximately 7 months, starting from January to August 2022. Respondents from this research are 104 members of the Nimo TV NEST-id discord server. The sampling technique used purposive sampling technique. Data collection was carried out by bold surveys through Google Form media. The questionnaire consists of 34 questions using the thurstone scale. The resulting data is in the form of interval data which is processed by linear correlation test using IBM SPSS Statistics 25. The final result of this research shows a significance value of 0.000 <0.05, which means that there is a correlation. The Pearson correlation value of 0.636, which means that there is a strong positive relationship between parasocial interactions and consumptive behavior in Nimo TV live stream viewers. Interactions that occur in real time result in strong parasocial interactions that cause viewers to feel an illusionary relationship and trust. High trust in broadcasters can trigger impulse buying, waste, and consumption activities to find the emergence of consumptive behavior.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si. 2). Syaifudin, M.Kesos. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Sosiologi Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 15986 not found. |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 05:28 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 05:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34892 |
Actions (login required)
View Item |